Jakarta (ANTARA) - Hyundai Motor Co dan afiliasinya Kia Corp pada Rabu mengatakan bahwa penjualan mereka melonjak 26 persen di Amerika Serikat pada Juli dibanding tahun sebelumnya, disebabkan permintaan yang kuat untuk SUV.

Hyundai Motor dan Kia menjual total 138.599 kendaraan di Amerika Serikat bulan lalu, naik dari 110.156 unit dari tahun lalu, menurut data penjualan perusahaan, dikutip Yonhap.

Model SUV dan ramah lingkungan mendorong penjualan Juli karena konsumen menanggapi diversifikasi jajaran Hyundai untuk menemukan kendaraan yang memenuhi kebutuhan transportasi mereka, Wakil Presiden Senior yang bertanggung jawab atas penjualan nasional di Hyundai Motor America Randy Parker mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Ekspor kendaraan "hybrid" Hyundai dan Kia naik 45 persen

Penjualan yang kuat dari Hyundai Palisade dan truk berat Xcient, serta Kia Telluride dan Sportage meningkatkan penjualan di pasar mobil paling penting di dunia bulan lalu.

"Kia mengatakan menjual lebih dari 74 persen dari persediaan kami yang tersedia pada bulan Juli dibandingkan dengan 34 persen tahun lalu, sebuah cerminan kuat dari minat konsumen yang kuat pada merek tersebut," kata Sean Yoon, presiden dan CEO Kia Amerika Utara dan Kia America dalam pernyataan terpisah.

Dari Januari hingga Juli, penjualan mereka melonjak 43 persen menjadi 924.245 unit dari 646.090 unit pada periode yang sama tahun lalu.

Hyundai dan Kia bersama-sama membentuk produsen mobil terbesar kelima di dunia berdasarkan penjualan.

Angka penjualan Amerika Serikat untuk merek Genesis independen Hyundai tidak segera tersedia.

Baca juga: Kia luncurkan kendaraan listrik EV6

Baca juga: Kia jual 754 ribu kendaraan April-Juni 2021

Baca juga: Kia tutup satu pabrik usai karyawan terpapar COVID-19

Pewarta: F017
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021