Jakarta (ANTARA) - Genesis, merek mewah independen dari Hyundai Motor Co., mengatakan pada Rabu bahwa pihaknya meluncurkan sedan menengah G80 listrik di Korea Selatan, memulai debut model listrik pertama.

Sedan listrik mewah itu terlihat mirip dengan G80, tetapi soket listrik di gril depan memberikan identitas yang berbeda sebagai kendaraan listrik.

G80 listrik mengemas baterai 87,2 kilowatt-jam dan dapat menempuh jarak hingga 427 kilometer dengan sekali pengisian daya, kata Genesis.

Sedan yang hanya tersedia dengan penggerak semua roda ini mampu menghasilkan hingga 370 tenaga kuda dan dapat berakselerasi dari nol hingga 100 km per jam dalam 4,9 detik.

Sistem pengisian cepat multi 400V/800V telah diterapkan untuk memungkinkan kendaraan diisi hingga 80 persen dalam 22 menit, dan fungsi "vehicle to load" memungkinkan pengisian daya perangkat eksternal.

Pengemudi dapat memilih atap surya yang terpasang pada garis atap yang dapat menghasilkan rata-rata 730 watt-jam listrik per hari.

G80 listrik dibanderol dengan harga 82,8 juta won (sekitar Rp1 miliar) di pasar domestik, yang bisa turun tergantung pada subsidi pemerintah.

Genesis mengatakan pihaknya berencana untuk meluncurkan crossover listrik GV60 yang dibangun di atas platform khusus, yang juga diterapkan pada all-electric Ioniq 5 milik Hyundai Motor Co., di pasar utama akhir tahun ini untuk menargetkan pasar kendaraan listrik yang sedang tumbuh, demikian Yonhap.

Baca juga: Geneisi GV80 akan hadir dengan varian enam kursi di 2022

Baca juga: Genesis G80 sabet predikat keamanan tertinggi IIHS

Baca juga: Hyundai perkenalkan model khusus G70 untuk Eropa

Pewarta: F017
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021