Jakarta (ANTARA) - Unit mobil sport mewah Volkswagen, Porsche AG pada Senin mengatakan setuju untuk membentuk usaha patungan dengan Rimac Automobili Kroasia yang akan mencakup merek Bugatti VW, mengkonfirmasi rencana yang dipetakan awal tahun ini.

Akan didirikan pada kuartal keempat dan berbasis di Zagreb, usaha yang disebut Bugatti-Rimac, akan 55 persen dimiliki oleh Rimac, dengan Porsche AG memiliki sisanya, demikian dikutip dari Reuters, Selasa

Volkswagen akan mentransfer Bugatti ke entitas, kata Porsche, menambahkan bahwa CEO Rimac Mate Rimac juga akan memimpin usaha patungan itu.

Chief Executive Volkswagen Herbert Diess sudah mengatakan pada Maret bahwa Porsche kemungkinan besar akan membentuk usaha patungan dengan Rimac yang melibatkan Bugatti.

“Kami menggabungkan keahlian Bugatti yang kuat dalam bisnis hypercar dengan kekuatan inovatif Rimac yang luar biasa di bidang mobilitas listrik yang sangat menjanjikan,” kata CEO Porsche AG dan anggota dewan Volkswagen Oliver Blume.

Di bawah naungan usaha patungan, dua model hypercar akan diproduksi, yakni Bugatti Chiron dan Rimac Nevera yang serba listrik. Semua model Bugatti akan terus diproduksi di pabrik merek di Molsheim, Prancis, kata Porsche.

Kepala unit keuangan dan Blume Porsche AG Lutz Meschke akan menjadi anggota dewan pengawas Bugatti-Rimac, yang akan memiliki total sekitar 430 karyawan di Zagreb dan Molsheim.

Porsche AG awal tahun ini meningkatkan kepemilikan langsungnya di Rimac menjadi 24 persen.


Baca juga: Elektron Quasar hypercar listrik dengan tenaga yang buas

Baca juga: Porsche: Hypercar andalan, tapi mobil listrik juga penting

Baca juga: Lamborghini Essenza SCV12, "hypercar" yang hanya ada 40 unit di dunia

Pewarta: F017
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021