Jakarta (ANTARA) - Museum Mercedes-Benz Inside edisi 32/2021 memamerkan latar belakang cerita mengenai radio mobil, dari 160 kendaraan dan total 1.500 pertunjukan yang ditampilkan.

Mercedes-Benz pada Kamis mengatakan radio mobil pertama muncul pada awal 1920-an – awalnya di Amerika Serikat – sebagai barang unik yang dibuat khusus oleh para pecinta teknologi berdasarkan teknologi katup radio kontemporer.

Surat kabar Berliner Illustrierte Zeitung melaporkan tentang “nirkabel sebagai hobi – mode terbaru di Amerika”. Cerita ini menampilkan ilustrasi instalasi radio termasuk sistem udara yang membentang di kaca depan.

Gairah untuk penerimaan radio muncul dan tumbuh dengan cepat: majalah spesialis Jerman “Funkschau” menulis pada 1 Juni 1931: “Tanpa diragukan lagi: mobil dan radio adalah pasangan yang sempurna. Kecepatan di mana kendaraan memungkinkan perubahan lokasi dilengkapi dengan kebebasan spasial radio.”

Seiring berjalannya waktu, radio mobil produksi massal pertama di Eropa dibuat oleh Bosch. Bernama Autosuper 5 (AS5) dan dipamerkan di Berlin Radio Show 1932 oleh anak perusahaan Bosch, Ideal-Werke. Perangkat ini memiliki berat 15 kilogram dengan rata-rata harga 465 Marks.

Pada saat itu, biasanya hanya memasang unit kontrol kompak langsung ke panel instrumen sedangkan komponen penerima dengan ukuran besar dan amplifier dipasang di lokasi yang berbeda, seperti di bagasi.

Hanya beberapa tahun kemudian, radio mobil dengan mudah diintegrasikan ke dalam kendaraan dan konsep pengoperasiannya. Misalnya, menggunakan tombol penyetel radio secara langsung tepat di sebelah instrumen dalam area penglihatan pengemudi, seperti yang dilakukan Mercedes-Benz, misalnya pada model 770 "Grand Mercedes"

Setelah Perang Dunia II, radio mobil menjadi jauh lebih ringkas dan memungkinkan untuk mengintegrasikannya sepenuhnya ke dalam panel instrumen. Misalnya, pada Mercedes-Benz 170 S (W 136).

Pada 1950-an juga menandakan puncak baru pada radio mobil. Siaran radio yang dikodekan oleh modulasi frekuensi (FM) menawarkan kualitas sinyal yang lebih baik. Inovasi lebih lanjut di tahun 1950-an termasuk tombol stasiun radio dan fungsi pemindaian stasiun. Teknologi transistor, slot kaset dan suara stereo diikuti pada tahun 1960-an.

Tahun 1970-an memperkenalkan Autofahrer-Rundfunk-Informationssystem (ARI; "informasi penyiaran pengemudi otomotif"), sebuah sistem yang secara otomatis mengidentifikasi laporan lalu lintas yang disiarkan sebagai bagian dari program dan sedikit meningkatkan volume.

Sejak saat itu, unit radio di dalam kendaraan telah ditingkatkan oleh seluruh sistem media digital dan teknologi informasi. Mulai integrasi pemutar CD pada 1980-an hingga kombinasi dengan navigasi satelit pada 1990-an.

Penemuan lain menjadi populer, misalnya CD changer di kompartemen sarung tangan – namun segera digantikan oleh perkembangan teknologi media digital seperti konektivitas Bluetooth dan USB.


Baca juga: Mercedes Benz hadirkan "Dreams" di Playstation 4

Baca juga: Mercedes Benz AS tak sengaja bocorkan data pelanggan

Baca juga: Daimler dikabarkan ingin produksi sel baterai sendiri
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021