Jakarta (ANTARA News)- PT Indobuana Autoraya (Ibar), agen tunggal pemegang merek Foton, meluncurkan pickup Foton Loader BJ1028 yang diklaim lebih murah dibanding merek lain.

"Kendaraan ini akan menjawab kebutuhan para pengusaha yang ingin memiliki armada bisnis, tapi tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar," ujar CEO Ibar Paulus B Suranto di Jakarta, Kamis.

Paulus menjelaskan, Foton Loader dipasarkan dengan harga Rp110 juta (on the road Jakarta), 30 persen lebih murah dibanding merek lain. Dengan selisih harga yang cukup besar, Paulus menuturkan, konsumen dapat menggunakan sisa dana untuk investasi lain.

"Yang terpenting, konsumen tidak perlu berinvestasi besar untuk memulai usaha," jelas dia.

Selain harga yang menguntungkan, Foton Loader mempunyai tenaga yang besar dengan mesin diesel berkapasitas 2.200 cc Diesel dan standar Euro 2 yang ramah lingkungan. Tenaga yang besar dihasilkan dari dukungan turbo intercooler, sehingga mencapai 75 PS, tetapi dengan penggunaan bahan bakar yang irit, 15 km/liter berdasarkan uji pabrik dalam keadaan normal.

Paulus melanjutkan, Foton Loader memiliki bak dengan kapasitas besar di kelasnya. Foton Loader menggunakan perlengkapan standar model 3-way, yang memungkinkan barang diangkut dari sisi kiri, kanan dan belakang, sehingga mengangkut barang jadi lebih mudah dan cepat.

"Selain mesin yang kuat, baik untuk menanjak maupun melaju di jalan lurus, kemampuan mengangkut beban juga penting bagi kendaraan komersial. Kedua hal penting itu ada pada Foton Loader," kata Paulus.

Foton Loader dirancang dengan desain yang modern. Hal ini bisa dilihat dari lampu depan dan gril yang melengkung simetris dan atap dilengkapi jendela untuk ventilasi.

Kaca spion lebar dan kokoh. Penampilannya semakin gagah berkat penggunaan ban radial komersial. Fitur penting lainnya adalah power steering, yang membuat setir menjadi ringan. Pengemudi pun menjadi lebih mudah mengendalikan kendaraannya, terutama ketika parkir. Tersedia pula fasilitas radio tape sebagai sarana hiburan bagi pengemudi.

Paulus menyatakan, Foton Loader dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan berskala kecil, menengah hingga besar.

Perusahaan kecil bisa memanfaatkan Foton Loader untuk mengangkut sayur, bahan bangunan hingga dijadikan armada toko grosir makanan dan minuman. Sedangkan perusahaan berskala menengah dan besar bisa memanfaatkan Foton Loader sebagai armada untuk mendistribusikan barang di dalam kota.
(ANT-258/B010)
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010