Jakarta (ANTARA News) - Piaggio dan Foton Motor Group telah menandatangani kontrak final untuk pengembangan serta produksi kendaraan niaga ringan roda empat berupa van dan mini pickup.

Kontrak yang ditandatangani Chairman dan CEO Piaggio Roberto Colaninno bersama Vice President Foton Motor Group dan President Foton International, Chang Rui, di Italia itu akan mengikuti perjanjian awal yang diteken di Beijing pada September 2017.

Rincian teknis perjanjian akan diselesaikan selama dua bulan ke depan, menurut keterangan tertulis Piaggio, Senin.

Ragam tipe kendaraan niaga akan diwujudkan dalam bentuk mini pickup dan van untuk memenuhi kebutuhan mobilitas niaga yang terus meningkat, khususnya untuk perjalanan antarkota.

Baca juga: Indonesia pasar terbesar ketiga Piaggio di Asia Tenggara

Kendaraan-kendaraan ini akan dilengkapi mesin generasi terbaru yang ramah lingkungan serta sarat teknologi terdepan. Seluruh tipe kendaraaan yang dikembangkan memiliki kapasitas tampung hingga 1,5 ton.

Varian yang dikembangkan akan diluncurkan secara bertahap mulai dari 2020 lewat jaringan distribusi yang mengedepankan kepuasan pelanggan.

Pada 2017, Piaggio Group mencatatkan penjualan kendaraan niaga sebanyak 176.800 unit di seluruh dunia, yang mengukuhkan posisi Piaggio Group sebagai pelaku industri kendaraan tiga dan empat roda untuk penumpang dan barang.

Foton Motor Group, produsen kendaraan niaga terbesar di China, mencatatkan transaksi sebesar 57,1 milyar Yen sepanjang 2017 dengan 40.000 karyawan di seluruh dunia.

Foton Motor Group menawarkan lini lengkap kendaraan niaga dengan teknologi terdepan, mendorong pertumbuhan yang cepat sembari melakukan diversifikasi operasi bisnis secara internasional.

Aliansi bisnis Foton Motor Group dilakukan dengan para pemimipin industri otomotif dunia seperti Daimler AG dan Cummins Inc.

Baca juga: Vespa Sprint dan Primavera sudah pakai rem ABS

Baca juga: Vespa 946 Red meluncur, harganya Rp199 juta

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018