Jakarta (ANTARA News) - Mercedes-Benz meraih rekor penjualan bulanan dunia tertinggi selama September 2010 yang terjadi hampir di semua pasar mencapai 118.600 unit atau naik 13 persen dibanding periode bulan yang sama tahun sebelumnya hanya 104.900 unit.

Wakil Presiden Eksekutif Penjualan dan Pemasaran Mobil Mercedes-Benz Joachim Schmidt dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis, mengatakan, tambahan penjualan tersebut menjadikan total penjualan global Mercedes-Benz sejak Januari hingga September 2010 mencapai 854.000 unit, meningkat 16 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya hanya 737.600 unit.

"Kami telah mencapai pertumbuhan penjualan yang baik, bahkan melebihi perkiraan awal yang diharapkan pada September 2010. Jumlah pengiriman kendaraan telah melampaui rekor tertinggi September 2007, atau lebih tinggi dari awal krisis ekonomi," katanya.

Joachim menambahkan Mercedes-Benz sangat optimistis menyambut penjualan kuartal keempat 2010.

"Perkembangan positif dalam beberapa bulan terakhir membuat kami sangat yakin untuk meningkatkan penjualan di kuartal keempat. Kami ingin menumbuhkan dua pasar terbesar, yaitu di Jerman dan Amerika Serikat, namun Kami mengharapkan pertumbuhan penjualan yang sangat pesat di Asia khususnya di China," kata Joachim.

Optimisme Mercedes-Benz pada peningkatan penjualan di kuartal terakhir 2010 juga didasari meluncurnya produk baru seperti CL-Class dan R-Class, September lalu.

Selain itu, Mercedes-Benz secara bertahap akan memperkenalkan varian mesin-mesin baru enam silinder dan delapan silinder berteknologi BlueDIRECT, serta generasi terbaru mesin diesel enam silinder berteknologi ECO start/stop yang hemat bahan bakar, dalam rentan modelnya.

"Langkah ke depan Mercedes-Benz saat ini dalam posisi yang sangat baik dan berada pada jalur mencapai peningkatan target penjualan di atas 10 persen selama tahun 2010," ungkap Joachim.

Mercedes-Benz sendiri telah meningkatkan penjualan di seluruh wilayah pasar sepanjang bulan September 2010. Pertumbuhan penjualan yang luar biasa telah dicapai di wilayah Asia/Pasifik dan negara-negara BRIC, dengan pengiriman kendaraan Mercedes-Benz di China (termasuk Hong Kong) meroket dua kali lipat dibandingkan tahun lalu (13.500 unit, naik 98 persen) yang merupakan rekor baru.

"Pada bulan September, kami sudah melampaui target awal penjualan tahun ini lebih dari 100.000 mobil penumpang. Ini terjadi berkat tingginya permintaan, dan kami telah meningkatkan target melebihi 120.000 unit." tuturnya.
(CS/B010)
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010