Paris (ANTARA News) - Raksasa otomotif Prancis PSA Peugeot Citroen pada Selasa mengatakan, pihaknya akan membangun pabrik di China bersama mitranya Dongfeng Motor untuk meningkatkan kehadirannya pasar mobil terbesar di dunia dan paling cepat berkembang.

Pabrik baru akan dibangun di Wuhan, China tengah, dan akan memiliki kapasitas tahunan awal 150.000 kendaraan pada 2013, kata pernyataan yang dikeluarkan untuk menandai kunjungan ke China oleh kepala PSA, Philippe Varin seperti dilaporkan AFP.

Pabrik ini akan meningkatkan total kapasitas PSA di China melalui usaha patungan dengan Dongfeng Motor menjadi 750.000 kendaraan pada 2015, naik dari saat ini 450.000 unit.

PSA mengatakan akan memperkenalkan sedikitnya satu model baru per tahun di China dan meningkatkan jaringan dealer untuk meningkatkan bisnis di pasar kedua yang paling penting baginya.

Mobil-mobil baru akan lebih ramah lingkungan dan akan mencakup model hibrida bensin-listrik, katanya, menambahkan bahwa paket gabungan, akan memungkinkan perusahaan usaha patungan Dongfeng untuk memenangkan lima persen pasar China pada 2015.

Pada Juli, PSA secara resmi menyepakati usaha patungan 1,2 miliar dolar (916 juta euro) dengan kelompok China Changan Automobile untuk membangun 200.000 mobil per tahun pada awalnya di sebuah pabrik di Shenzhen, tepat di seberang Hong Kong di selatan China.

Penjualan mobil di China mencapai 9,02 juta pada semester pertama 2010, sebuah kenaikan 48 persen tahun-ke-tahun, menurut angka China, karena pasar booming didukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan pembangunan.

Perusahaan-perusahaan mobil Jepang dan Barat semua memiliki pabrik utama dan kepentingan di China, tertarik oleh prospek pertumbuhannya.
(A026/M012)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010