Jakarta (ANTARA News)- Masih ingat Fred Flintstone dan mobil a la jaman batunya?

Nah, berkat kerja selama 40 tahun dari insinyur Charles Greenwood, mobil 'Flintstone' itu kini bisa dikendarai tetapi bedanya mobil yang dinamai HumanCar Imagine PS itu digerakkan dengan kombinasi mesin hibrid dan kayuh tangan.

Mobil yang juga dilengkapi dengan baterai listrik dan memiliki empat tempat duduk itu bisa mencapai kecetapan 60 mil per jam.

Selain itu jika empat penumpang kendaraan itu ikut mengayuh, mobil itu bisa bergerak tanpa menggunakan mesin listriknya.

Cara mengayuhnya pun mudah, cukup menggerakkan kayuhnya yang mirip stang kemudi sepeda itu ke depan dan ke belakang sehingga seorang dewasa sehat seharusnya dapat menggerakkan kendaraan itu dengan mudah.

Greenwood sebenarnya telah memulai proyek kendaraan ramah linkungannya itu sejak tahun 1968 untuk mengatasi polusi udara dan penyakit yang menggerogoti para sopir.

HumanCar Imagine PS juga bisa mengatasi tanjakan dengan kecepatan 30 mil per jam dan melaju secepat 60 mil per jam di jalanan yang datar.

Mobil ramah lingkungan itu direncanakan akan dipasarkan tahun depan dengan harga 10.000 poundsterling, dan perusahaan pembuatnya mengungkapkan telah menerima 100 pesanan.

Sebuah atap untuk segara jenis cuaca sedang dikembangkan untuk kendaraan itu dan beberapa model akan dilengkapi dengan fitur layar sentuh lengkap dengan GPS, biometri data logging, perangkat suara, komputer, dan sistem komunikasi.

Kantung udara juga akan menjadi bagian kendaraan itu di masa depan.

Produksi atas kendaraan yang telah memperoleh ijin melaju di jalanan itu akan dimulai ketika pesanan mencapai 800 unit.

Greenwood mengatakan HumanCar merupakan produk independen dan benar-benar bisa menguntungkan.

Perusahaan itu juga telah merumuskan rencana bisnis untuk 200 tahun, termasuk membawa kendaraan tenaga manusia itu ke negara berkembang bersama produk lain seperti  'power station' yang bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam sebuah koper.
(Ber/A038/BRT)
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010