Jakarta (ANTARA News)- General Motor Co. (GM) akan menarik lebih dari 243.000 unit mobil berjenis 'crossover sport utility' keluaran tahun 2009 sampai 2010 di Amerika Serikat (AS) untuk melakukan pemeriksaan kemungkinan kerusakan pada sabuk pengaman.

Pabrikan mobil asal AS dan pihak berwenang setempat, seperti yang dirilis Reuters, Selasa (17/8), mengatakan mobil-mobil yang akan ditarik seperti Chevy Travers, Buick Enclave, GMC Acadia, dan Saturn Outlook, memang banyak dipasarkan di AS.

Beberapa ribu lainnya diekspor ke Kanada, Meksiko, China, Arab Saudi, dan beberapa negara lain.

Menurut laporan GM, potensi kerusakan terjadi pada sabuk pengaman di barisan kursi kedua. Kerusakan itu membuat sabuk pengaman kelihatan seolah-olah telah terpasang dengan benar pada kaitannya padahal sebenarnya tidak.

Kerusakan itu terpantau setelah terjadinya pengembalian kendaraan dalam masa garansi dan kerusakan lain dalam sebagian besar kasus hanya menyangkut asesoris luar.

Menurut GM belum ada laporan adanya kecelakaan yang disebabkan oleh permasalahan sabut pengaman itu.

GM berencana akan mulai mengirimkan surat pemebritahuan kepada para pemilik kendaraan yang bermasalah pada bulan ini untuk segera membawa kendaraanya ke bengkel resmi GM.
(Ber/A038/BRT)
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010