Jakarta (ANTARA News) - Agen Tunggal Pemegang Merk, Toyota Astra Motor, memberikan penghargaan kepada para guru pencerita terbaik, sebagai bentuk dukungan perusahaan itu terhadap peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia.

Kegiatan yang dinamai Program Toyota Bercerita 3 itu puncaknya digelar di Pusat Perfilman Haji Umar Ismail Jakarta, dengan mengumumkan dan memberikan penghargaan 20 guru TK terbaik yang menjadi finalis.

Duapuluh orang finalis terpilih diantara 1231 peserta se-Jabodetabek dan Jawa Barat, yang bersaing dalam tahapan sebelumnya yakni Single Moving Competition (SMC).

Selain bersaing dalam hal keunikan cerita, cara menyampaikan cerita dan alat peraga, mental para peserta juga diuji, karena SMC dilakukan di sekolah pendukung, yang bukan merupakan sekolah asal peserta.

Ini dimaksudkan sebagai stimulus untuk memperoleh figure pencerita professional yang tidak hanya berkompetensi di dalam sekolah, tetapi juga dapat mewarnai dunia bercerita anak di Indonesia.

"Melalui program ini Toyota berharap dapat memotivasi guru-guru agar terus mengembangkan kompetensi mengajarnya khususnya bercerita. Penghargaan ini diharapkan menjadi momentum yang tepat untuk turut
memberikan kontribusi terbaik pada pendidikan anak-anak di Indonesia" jelas Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT. Toyota-Astra Motor.

Toyota Bercerita 3 merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility Toyota yang secara khusus memberikan perhatian pada perkembangan sumber daya manusia di tingkatan pendidikan anak usia dini.

Kegiatan ini membidik guru-guru TK untuk memaksimalkan metode bercerita sebagai metode pembelajaran yang efektif bagi penanaman moral yang baik bagi anak-anak.

Sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 2008, Toyota Bercerita telah mencetak pendidik-pendidik yang kompeten bercerita yang diharapkan dapat membawa nafas segar dalam dunia pendidikan anak di Indonesia.

"Kami bersyukur bahwa ternyata penyelenggaraan Toyota Bercerita 3 ini mendapatkan respon positif dari dunia pendidikan. Jumlah pesertanya dari tahun ke tahun selalu bertambah. Kami berharap kesadaran masyarakat terhadap bertutur atau bercerita kepada anak-anak dapat dilestarikan" ungkap Joko Trisanyoto, Direktur Marketing PT. Toyota-Astra Motor.

Mengambil tema "Nyaman, Bersahabat dengan Lingkungan" untuk cerita yang dilombakan, tahun ini Toyota ingin menyampaikan pesan mengenai kepedulian pada isu lingkungan sebagai salah satu nilai penting yang harus ditanamkan sejak dini.
Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010