Jakarta (ANTARA News)- Geely, perusahaan otomotif asal China yang juga pemilik baru Volvo Cars menginginkan pabrikan mobil asal Swedia itu memproduksi sedan-sedan yang setara dengan mobil-mobil termahal dari BMW dan Mercedes.

Li Shufu, pendiri dan bos Geely, seperti yang dikutip Reuters, mengatakan ia ingin meningkatkan profil Volvo di China dan terus menekankan penelitian serta pengembangan Volvo.Geely membeli Volvo dari Ford Motor Co. seharga 1,5 miliar dolar.

Rampungnya pembelian Volvo oleh Zhejiang Geely yang salah satu anak perusahaanya adalah Geely Automobile, yang terdaftar di bursa Hong Kong, merupakan akusisi terbesar China terhadap sebuah perusahaan pembuat kendaraan luar negeri.

"Kami ingin membuat mobil di kelas yang lebih tinggi yang bisa bersaing dengan S class dari Mercedes Benz dan Seri 7 dari BMW. Kami ingin produk yang bersaing di segmen itu," tegas Li.

BMW seri 7 termurah adalah sedan 740i seharga 70.150 dollar di Amerika Serikat. Mercedes S400 dari Daimler AG bernilai 87,950 dollar, dua kali lebih mahal dari produk teratas Volvo sedan S80 yang dibandrol 39.200 dollar.

"Jika Volvo bisa menjual 380.000 unit setiap tahun, maka bisnis ini menguntungkan tetapi untuk lebih kompetitif dalam persaingan ini kami perlu peningkatan dramatis dalam volume," lanjut Li. Volvo menjual sekitar 335.000 mobil tahun lalu dan merugi 653 juta dollar.
(BER/A038/BRT
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010