Jakarta (ANTARA News) - Produsen otomotif asal negeri Paman Sam, General Motors Autoworld Indonesia (GMAI) yang memasarkan merk Chevrolet (Chevy) di Indonesia menbawa Chevrolet Tahoe "Two Mode Hybrid" ke ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010.

"Produk go green-nya yang dibawa Tahoe 'two-mode hybrid'," kata PR and Communications Manager PT GMAI, Kiki Fajar, di Jakarta, Minggu.

Produk sport utility vehicle (SUV) yang bermesin 6-liter Vortec V8 dengan "cylinder deactivation technology" ini dapat menonaktifkan sendiri empat dari delapan silinder yang dimiliki ketika tidak memerlukan tenaga tambahan lebih besar. Kinerja seperti itu lah yang dapat menghemat bahan bakar.

Sementara itu, dengan 300 volt baterai yang tersembunyi di bawah bangku di baris kedua, mobil yang memiliki dua sistem transmisi ini dapat berjalan efisien. Saat mobil dipacu dengan kecepatan rendah maka secara otomatis mesin V8 akan berhenti bekerja dan beralih pada satu atau dua motor listrik yang ada.

Pada saat mobil harus dipacu kencang maka sistem transmisi yang lain akan bekerja dimana dua motor listrik bersama mesin V8 bekerja bersamaan, sehingga kekuatan meningkat.

Dua model transmisi menjadi kunci sistem tersebut untuk rendahnya konsumsi bahan bakar. Teknologi ini mampu menekan 25 persen konsumsi bahan bakar Chevy Tahoe.

Tidak hanya itu ternyata sistem dua transmisi hybrid tersebut dapat menghemat 40 persen bahan bakar saat dikendarai di dalam kota.

Dalam gelaran IIMS 2010 yang dilaksanakan 23 Juli hingga 1 Agustus di Jakarta International Expo Kemayoran tersebut, GMAI akan mengusung tema "Advancing Chevrolet", ujar Kiki.

Sementara itu, Managing Director PT GMAI, Mukiat Sutikno menjelaskan bahwa konsep teknologi ramah lingkungan di dalam divisi Chevrolet dinamai dengan "Chevrolet Fuel Solutions".

Sebuah konsep terpadu dalam mengimplementasi misi GM, yakni menciptakan teknologi "From Gas Friendly to Gas Free” . Dimana di dalamnya GM berusaha keras mengembangkan teknologi Fuel Efficiency, Biofuels, Hybrid, Electric, dan Fuel Cell.

Pada teknologi biofuels, sama halnya dengan teknologi "Fuel Efficiency", juga telah bisa dinikmati dan dirasakan manfaatnya pada produk-produk GM dimana sudah berkapabilitas 15 persen ethanol 85persen bensin, atau sebaliknya berkapabilitas 85persen ethanol 15persen bensin.

Di teknologi Hybrid dan Electric, ia mengatakan bahwa perusahaan otomotif ini juga terus mengaplikasikan teknologi terdepan dan termutakhirnya melalui produk-produk terbaiknya dan sudah mulai diproduksi masal seperti Chevrolet Tahoe two-mode hybrid yang akan dipamerkan di IIMS 2010.
(V002/B010)
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010