Jakarta (ANTARA News) - Cerdas dalam mengemudi dan rutin merawat kendaraan ternyata mampu membantu menyelamatkan lingkungan dari percepatan pemanasan global.

Hal itu mengemuka pada lokakarya ke-2 mengenai "Smart Driving Smart Banking" yang diselenggarakan majalah Mobilmotor di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) di Kemayoran, Jakarta, Selasa.

Dengan dipandu instruktur Jimmy Lukita dan redaktur Mobilmotor Heradianto, para peserta mendapat pengetahuan mengenai teknik berkendaraan dan perawatan mobil.

Rangkaian acara workshop dimulai dengan uji emisi mobil peserta yang disertai dengan spesifikasi hasil uji. Selanjutnya mobil peserta masuk pada proses pemeriksaan tekanan angin pada ban. Sebelum masuk ke tahapan "Coaching clinic" teknik mengemudi dan merawat kendaraan.

Program berlanjut pada praktik berkendara secara langsung. Peserta yang terdiri dari 5 komunitas di Jakarta melakukan perjalanan mengelilingi kota Jakarta.

Pada praktik berkendara, peserta start dari JIEXpo di Kemayoran lalu menuju Kelapa Gading, Salemba, Rawamangun, MT Haryono, Tomang, Kebon Sirih dan kembali ke Kemayoran.

Pada siaran persnya pihak Mobilmotor mengharapkan dengan pengetahuan tentang teknik berkendara dan perawatan mobil yang benar, baik soal mesin, bahan bakar, termasuk soal ban, maka diharapkan kualitas lingkungan dapat dikendalikan lebih baik lagi.

"Peserta pun diharapkan terpacu untuk lebih bijak dalam berkendara," katanya.

Kegiatan itu diikuti oleh komunitas mobil dari adalah Innova Community, Toyota Yaris Club Indonesia, Toyota Vios Club Indonesia, Accet-er dan Proton club Indonesia.

"Kami ingin meningkatkan kepedulian pengemudi dan pemilik mobil agar ingat selalu kualitas lingkungan hidup. Kepedulian ini perlu ditingkatkan karena kendaraan bermotor selalu dituding sebagai salah satu penyebab menurunnya kualitas hidup," katanya

Program sosialisasi peduli lingkungan itu juga dalam upaya mendukung Perda DKI Jakarta No.2 tahun 2005 tentang pengendalian pencemaran udara dan Peraturan Menteri Lingkungan hidup No.5 tahun 2006 tentang ambas batas emisi gas buang kendaraan bermotor.

(R016/S026)
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010