Jakarta (ANTARA News) - Dua produk baru yang segera meluncur di jalanan tanah air pada kuartal empat 2010 dan awal 2011 dipersembahkan Nissan Motor Indonesia (NMI) pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 yang dilaksanakan mulai 23 Juli hingga 1 Agustus di Jakarta International Expo Kemayoran.

Kedua mobil tersebut adalah new hatchback Nissan March dan crossover Nissan Juke.

March yang telah diluncurkan terlebih dahulu di Thailand Maret 2010 mengusung mesin berkapasitas 1.200 cc dengan transmisi otomatis dan manual lima percepatan. Level emisi produk ini 120 gram per kilometer (km).

Mobil yang dirilis di Thailand dengan harga 375.000 Baht tersebut, menurut President and CEO Nissan Motor Co Ltd, Carlos Ghosn saat memaparkan strategi Nissan jangka pendek menengah beberapa waktu lalu, akan diluncurkan di Indonesia sekitar November 2010. Namun terkait harga pihak produsen otomotif asal Jepang ini belum mau membocorkannya.

New Hatchback March yang juga dikenal dengan sebutan Nissan Micra ini pertama kali diperkenalkan pada publik pada Geneva Motor Show 2010. Dengan panjang mencapai empat hingga lima meter dengan mesin berkapasitas 1.200 cc mobil ini mampu menghasilkan tenaga 80 PS atau 78 Hp dengan torsi maksimal 108 Nm.

Ia mengatakan, mobil ini akan dirakit di Indonesia dan mayoritas komponen masih dibawa dari Thailand dengan memanfaatkan fasilitas bea masuk nol persen setelah berlakunya perdagangan bebas ASEAN (ASEAN Free Trade Agreement/AFTA).

Di tanah air mobil city car ini akan bersaing merebut pasar dengan Suzuki Karimun Estilo, Suzuki Splash, All New Chevrolet Spark, Hyundai i10,

Sementara itu, menurut Carlos, Nissan Juke yang disebut-sebut sebagai perpaduan dari sport utility vehicle (SUV) dengan mobil sport baru akan dirakit dan dipasarkan di Indonesia tahun 2011.

Mobil yang menggunakan platform Renault Nissan Alliance B dengan panjang total 4.135 milimeter ini memiliki tiga versi mesin yakni diesel 1,5 dCi yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 Hp dengan transmisi manual enam gigi percepatan, dan dua mesin bensin berkapasitas 1.600 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 117 Hp dan ditawarkan dengan transmisi manual dan CVT Xtronic.

Jika di Eropa Nissan Juke ini dihargai 16.500 Euro, maka pihak NMI belum berani menyebutkan harga jual di tanah air.
(V002/B010)
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010