Jakarta (ANTARA) - Volvo mentargetkan akan meluncurkan XC60 EV, kendaraan yang ramah lingkungan dengan menggunakan sistem full electric pada 2026, yang berbarengan dengan produksi baterai mereka.

Dalam membuat baterai, Volvo dikabarkan telah bekerjasama dengan Northvolt untuk mendirikan usaha patungan 50/50. Sebagai bagian dari kerjasama, perusahaan berencana untuk membuat pusat penelitian dan pengembangan baru di Swedia tahun depan.

Pusat R&D dirancang untuk membangun keahlian baterai dari kedua perusahaan itu, dan akan ditugaskan untuk mengembangkan sel baterai generasi berikutnya dengan teknologi integrasi kendaraan untuk kendaraan Volvo dan Polestar di masa depan.

Dikabarkan oleh CarsCoops, Selasa, bahwasanya usaha patungan ini akan menghasilkan gigafactory baru di Eropa yang berpotensi menghasilkan baterai hingga 50 gigawatt jam (GWh) per tahun.

Produksi dijadwalkan akan dimulai pada 2026 dan pabrik akan ditenagai secara eksklusif oleh energi hijau. Lokasi belum ditentukan, tetapi fasilitas tersebut diperkirakan akan mempekerjakan sekitar 3.000 orang.

Volvo diatur untuk mengungkapkan rincian lebih lanjut selama "Momen Teknologi" pada 30 Juni, tetapi perusahaan juga mengungkapkan bahwa mereka berusaha untuk mendapatkan 15 GWh sel baterai setiap tahun dari pabrik Skellefte Northvolt mulai tahun 2024.

Volvo mengharapkan 50 persen dari penjualan datang dari kendaraan listrik pada tahun 2025 dan bertujuan untuk hanya menjual kendaraan listrik pada tahun 2030.

"Dengan bekerja dengan Northvolt kami akan mengamankan pasokan high- kualitas, sel baterai yang lebih berkelanjutan untuk mobil listrik murni kami.” Dia menambahkan kemitraan ini juga akan memungkinkan perusahaan untuk “memperkuat kemampuan pengembangan internal kami," tutup CEO Volvo, Håkan Samuelsson.

Baca juga: Volvo bermitra dengan Northvolt produksi baterai

Baca juga: Volvo "recall" 85 ribu unit kendaraannya di Amerika Serikat

Baca juga: Daimler dan Volvo kolaborasi buat truk hidrogen jarak jauh

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021