Jakarta (ANTARA) - Perusahaan komponen otomotif Denso dan spesialis kedirgantaraan Honeywell membentuk aliansi yang berfokus pada pengembangan unit penggerak listrik dan memproduksi sistem propulsi listrik untuk pesawat.

Kolaborasi keduanya, pada tahap awal, akan memprioritaskan segmen mobilitas udara perkotaan (urban air mobility/UAM) dengan fokus pada taksi udara dan kendaraan pengiriman, kata Denso dalam pernyataan resmi, dikutip Selasa.

Denso dan Honeywell sedang dalam diskusi lanjutan dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan dan bermaksud untuk memberikan konfigurasi uji terbang dari sistem propulsi listrik dalam tahun depan.

Fokus pada penggerak yang bersumber listrik, kolaborasi ini tidak hanya akan membantu perusahaan memenuhi janji UAM untuk menyediakan transportasi yang lebih bersih, lebih aman, lebih efisien, lebih tenang, dan bergerak bebas di dalam dan antarkota, tetapi juga memperkuat upaya kedua perusahaan untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2035.

Penyedia mobilitas udara perkotaan yang tertarik mempelajari lebih lanjut tentang sistem propulsi listrik dapat menjalin kerja sama dengan tim Denso-Honeywell.

"Kebutuhan mobilitas berubah dan kolaborasi ini menunjukkan bagaimana Denso berkembang untuk memenuhinya," kata Jiro Ebihara, pejabat eksekutif senior dan kepala Grup Bisnis Sistem Elektrifikasi di Denso Corporation.

Aliansi formal mengikuti perjanjian kerja sama awal perusahaan pada tahun 2019. Kemampuan Denso untuk memproduksi komponen berkualitas dalam skala massal yang dipasangkan dengan keahlian dirgantara bertingkat Honeywell membuat aliansi siap membawa UAM ke level yang lebih tinggi.

Selain itu, sistem propulsi listrik aliansi akan berintegrasi mulus dengan sistem fly-by-wire, avionik, dan aktuasi Honeywell, yang mengekstraksi daya dorong dan daya angkat paling banyak dari setiap watt listrik.

"Teknologi Honeywell telah membantu menggerakkan penerbangan manusia selama lebih dari 100 tahun, dan saat penggerak listrik untuk pesawat mulai terbentuk, Honeywell akan menjadi yang terdepan dengan mitra seperti Denso," kata Dave Marinick, presiden, Engine & Power Systems, Honeywell Aerospace.

Denso memanfaatkan pengetahuan elektrifikasi selama lebih dari 30 tahun untuk menciptakan mobilitas yang lebih bersih, lebih efisien dan akan membantu perusahaan mencapai tujuan tahun 2035 untuk menjadi netral karbon.

Honeywell juga berjanji untuk menjadi karbon netral dalam fasilitas dan operasinya pada tahun 2035.

Kedua perusahaan akan bekerja sama untuk mencari pelanggan yang dapat membantu mengubah cara dunia bergerak, menjadikan transportasi lebih aman, lebih berkelanjutan, dan efisien.


Baca juga: Honeywell raih penghargaan dari ITB Bandung

Baca juga: Industri pertahanan tawarkan teknologi navigasi

Baca juga: Honeywell suplai ratusan unit APU untuk Lion Group

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021