Jakarta (ANTARA News) - Mazda Motor Corporation (Mazda), Denso Corporation (Denso), dan Toyota Motor Corporation (Toyota) menandatangani kesepakatan untuk mengembangkan teknologi dasar kendaraan listrik.

Ketiga perusahaan juga akan mendirikan perusahaan baru yang terdiri dari beberapa insinyur terpilih dari masing-masing perusahaan guna memastikan efisiensi pelaksanaan proyek pengembangan teknologi itu, menurut pernyataan Toyota di laman resminya.

Negara dan wilayah di seluruh dunia menerapkan kebijakan yang semakin ketat untuk membantu mengurangi gas rumah kaca, dengan mulai bermunculannya peraturan baru yang mengamanatkan proporsi tertentu dari penjualan kendaraan listrik.

"Mematuhi peraturan lingkungan ini, sambil memastikan pertumbuhan perusahaan kami yang berkelanjutan, memerlukan pengembangan berbagai teknologi dan teknologi powertrains. Kami menganggap kendaraan listrik sebagai bidang teknologi utama dalam proses ini serta kendaraan bahan bakar sel," tulis Toyota.

Mazda, Denso dan Toyota akan mengembangkan teknologi struktural dasar untuk kendaraan listrik yang mampu mencakup beragam segmen dan jenis kendaraan untuk memastikan respon yang fleksibel dan cepat terhadap tren pasar.

Perjanjian ini mencakup beragam model mobil, mulai dari kendaraan kecil hingga kendaraan penumpang, SUV, dan truk ringan, dan bertujuan untuk berinovasi dalam proses pengembangan dengan menggabungkan kekuatan masing-masing perusahaan, termasuk perencanaan produk dan kecakapan Mazda dalam pengembangan berbasis pemodelan komputer, teknologi elektronik Denso, dan platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Perusahaan patungan baru tersebut akan bertugas:

1. Meneliti karakteristik yang menentukan kinerja dan fungsi kendaraan listrik secara optimal dari sudut pandang komponen individual dan keseluruhan kendaraan.

2. Verifikasi pemasangan komponen dan kinerja kendaraan yang direalisasikan oleh karakteristik pada butir 1.

3. Pemeriksaan konsep optimal untuk setiap klasifikasi mobil berkenaan dengan masing-masing komponen dan setiap jenis kendaraan yang direalisasikan dengan pencapaian butir 1 dan 2.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017