Jakarta (ANTARA) - Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan saat menghabiskan waktu liburan di rumah saja, salah satunya merawat kendaraan meski tidak dipakai mudik atau perjalanan jauh. 

Menurut Hariadi selaku Asst 4Wheel, 2Wheel & Marine Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ada beberapa hal sederhana namun penting yang dapat dilakukan ketika merawat mobil sendiri, tanpa perlu mengeluarkan biaya atau membawa ke bengkel selama masa libur atau akhir pekan. Berikut ulasannya:

Rutin dibersihkan

Membersihkan eksterior maupun interior mobil tentu penting untuk menjaga penampilan dan kenyamanan saat berkendara. Rutin mencuci mobil minimal dua minggu sekali, mengeluarkan barang-barang yang sudah tidak digunakan, dan menjaga agar tidak ada sampah di dalam mobil adalah hal yang perlu diperhatikan agar mobil tetap bersih.

Gunakan sabun cuci khusus mobil saat mencuci dan gunakan lap yang halus agar tidak merusak cat, serta hindari mencuci mobil di bawah terik sinar matahari karena dapat merusak cat mobil.

Baca juga: Enam keuntungan servis mobil di bengkel resmi

Baca juga: Kiat menjaga harga jual mobil tetap tinggi


Rutin panaskan mesin

Meski tidak digunakan untuk berpergian jauh, mesin mobil perlu sesekali dipanaskan agar oli dapat bersirkulasi dengan baik. Namun, karena mobil saat ini sudah dilengkapi dengan ECU (electronic control unit) yang dapat mengoptimalisasi kerja mesin, mobil tidak perlu dipanaskan setiap hari, hanya perlu dipanaskan minimal dua hari sekali.

Memanaskan mesin mobil pun tidak perlu terlalu lama, hanya sekitar 5-10 menit.

Pengecekan komponen

Saat memanaskan mobil jangan lupa memperhatikan apakah terdapat indikator komponen bermasalah yang menyala di Multi-Information Display (MID).

Selain itu, lakukan pemeriksaan komponen lain secara manual seperti air radiator, volume air wiper pada tangki cadangan, volume minyak rem, kondisi ban, lampu kendaraan, dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

Bawa mobil berkendara

Jangan biarkan mobil terparkir dalam waktu yang lama, pengendara atau pemilik mobil perlu sesekali membawa mobil berkendara setidaknya 10 menit setiap dua hingga tiga hari agar mobil dapat melakukan pengisian aki dengan lebih maksimal.

Aki yang berkualitas dan terawat memiliki daya simpan tenaga listrik yang lebih baik sehingga dapat menghindari soak yang bisa merusak program ECU, serta menjaga bagian kontrol sistem elektronik tidak terkunci yang dapat menyebabkan mobil sulit distarter.

Selain itu, sesekali membawa mobil berkendara juga dapat menghindari terbentuknya flat spot atau deformasi ban yang disebabkan beban kendaraan terlalu lama bertumpu pada satu titik ban saat parkir.

“Meski libur lebaran tahun ini di rumah saja, kami harap pengguna Suzuki tetap dapat melakukan kegiatan yang dapat mengisi waktu senggang, salah satunya merawat mobil sendiri. Melakukan perawatan mobil sendiri tentu menjadi tanggung jawab pemilik kendaraan. Perawatan bertujuan untuk menjaga mobil dalam kondisi prima,. Sehingga saat beraktivitas kembali, kita tidak perlu khawatir ada masalah dalam perjalanan,” tutup Hariadi dalam siaran pers Suzuki, Kamis.

Selain perawatan mobil mandiri, Suzuki juga menyediakan layanan untuk merawat mobil, misalnya melalui Halo Suzuki untuk Home Service, Pick Up Service, dan Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA). Terdapat juga aplikasi MySuzuki dan website resmi untuk keperluan belanja online suku cadang kendaraan, serta website Auto Value untuk mencari mobil bekas atau tukar tambah mobil Suzuki secara daring.

Baca juga: Komponen mobil yang bisa diperiksa mandiri di rumah

Baca juga: Porsche Jakarta dorong mobil "impor grey" servis di bengkel resmi

Baca juga: Besok kerja, ini daftar komponen mobil yang diperiksa usai liburan
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021