Jakarta (ANTARA) - Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik pada momen perayaan Idul Fitri tahun ini untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Bagi Anda pemilik kendaraan roda empat yang tidak dapat pulang ke kampung halaman, dapat memanfaatkan momen libur lebaran kali ini dengan merawat mobil kesayangan

Mengutip tips yang dibagikan Auto2000, terdapat sejumlah perawatan yang dapat dilakukan di rumah untuk menjaga kondisi mobil tetap prima selama libur lebaran.

1. Membersihkan noda pada bagian eksterior

Mobil yang kerap dikendarai tentu tidak akan terhindar dari noda, termasuk cipratan dari bahan aspal. Cipratan tersebut biasanya berada pada bagian bumper atau side skirt paling bawah mobil.

Baca juga: Perlukah merawat kaca film mobil?

Anda bisa membersihkan noda bekas cipratan tersebut dengan cairan khusus. Pastikan cairan yang digunakan telah teruji ampuh dan tetap memberi perlindungan pada lapisan cat.

2. Cek cairan-cairan

Perawatan berikutnya adalah mengecek cairan-cairan penting yang ada pada mobil, seperti oli mesin, minyak rem, wiper fluid, air aki, dan air radiator.

Anda perlu menyiapkan cairan-cairan tersebut dalam pemeriksaan ini. Tambahkan jika ada yang kurang.
Pastikan seluruh cairan-cairan tersebut tercukupi.

3. Inspeksi alur ban

Ban mobil juga jadi salah satu komponen penting yang harus dicek. Dalam hal ini Anda bisa lakukan inspeksi pada alur ban.

Bersihkan kerikil-kerikil yang menyangkut pada alur ban dengan menggunakan obeng minus. Anda juga bisa sekaligus mengecek tekanan angin serta menyemir ban tersebut agar tampilannya mengkilap dan bersih.

4. Bersihkan interior

Perawatan dapat dilanjutkan pada bagian interior, Anda bisa mulai dengan membersihkan lantai kabin. Lepas seluruh karpet dari lantai.

Selanjutnya, bersihkan kotoran yang yang menempel pada lantai kabin menggunakan alat-alat seperti sapu kecil, sikat, atau vacuum cleaner. Anda juga bisa mengelap bagian-bagian yang berdebu memakai lap bersih.

5. Tata letak barang

Terakhir, Anda bisa menata ulang kabin mobil dengan mengeluarkan barang bawaan yang dinilai tidak diperlukan.

Pilihlah barang bawaan yang benar-benar diperlukan, lalu tempatkan secara rapi pada bagian kabin. Semakin sedikit barang bawaan maka kabin mobil akan terlihat semakin rapi.

Baca juga: Merawat baterai EV tak sulit, Outlander PHEV bisa jadi genset

Baca juga: Tips merawat kendaraan setelah terendam banjir

Baca juga: Cara merawat mobil listrik, dari servis hingga suku cadang

Pewarta: F017
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021