Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil sport mewah Porsche melaporkan telah menjual hampir 72.000 unit kendaraan pada kuartal pertama 2021, naik 36 persen dibanding periode sama tahun lalu, perkembangan baik setelah masa-masa sulit dampak pandemi COVID-19.

“Kami telah memulai tahun ini dengan sangat baik dan berharap bahwa kami akan sekali lagi mencapai tujuan strategis kami yaitu pengembalian 15 persen atas penjualan pada tahun fiskal 2021,” kata Lutz Meschke, Wakil Ketua dan Anggota Dewan Eksekutif untuk keuangan dan TI di Porsche AG, dikutip Rabu.

Baca juga: Macan dan Cayenne primadona penjualan Porsche

Model paling populer dalam perjalanan Porsche kuartal pertama tahun ini adalah Macan, dengan penjualan 22.458 unit.

Kuartal pertama juga terlihat permintaan yang tinggi untuk Taycan, mobil sport listrik pertama Porsche, dengan total 9.072 unit dikirim ke pelanggan, hampir menyamai mobil sport ikonik 911 (9.133).

"Pada kuartal pertama, pengiriman model serba listrik kami yang sukses sudah hampir setengah dari total untuk tahun 2020. Fakta yang sangat menggembirakan di sini adalah sekitar 50 persen pembeli adalah pelanggan baru. Oleh karena itu, Taycan meningkatkan ukuran basis penggemar kami," kata Oliver Blume, Ketua Dewan Eksekutif di Porsche AG. 

Porsche AG mencapai pengoperasian hasil sebesar 1,2 miliar euro pada kuartal pertama 2021, lebih dari dua kali lipat dari periode sama tahun sebelumnya yang sebesar 572 juta euro.

Pendapatan penjualan tumbuh dari 6,0 miliar euro pada kuartal tahun sebelumnya menjadi 7,7 miliar euro, meningkat 28 persen, sementara laba atas penjualan naik menjadi 16,2 persen.

Lutz Meschke menambahkan,"Arus kas bersih kami yang kuat lebih dari 1,5 miliar euro menunjukkan bahwa kami beroperasi dengan margin yang kuat."

Baca juga: Porsche Macan listrik siap hadir setelah diuji 3 juta km

Baca juga: Hankook jadi ban standar Porsche


Baca juga: Porsche rencanakan buat pabrik sel baterai EV di Jerman

Pewarta: S026
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021