Jakarta (ANTARA) - Pabrikan Jerman Volkswagen beberapa hari lalu menggelar peluncuran perdana dunia untuk ID.4 GTX, yang diklaim sebagai seri ID versi berperforma tinggi.

ID.4 GTX merupakan model pertama yang didasarkan pada matriks penggerak elektrik modular (MEB) yang memiliki fitur penggerak semua roda motor ganda dan menawarkan elemen desain yang diklaim berkualitas tinggi.

"Mengemudi (mobil) listrik sangat menyenangkan dan dengan ID.4 GTX kami menambahkan dimensi baru dalam hal sporty dan dinamika,” jelas Ralf Brandstätter, CEO Volkswagen, dalam pernyataan resmi, dikutip Sabtu.

Baca juga: VW bangun pabrik ketiga untuk mobil listrik di China

Baca juga: Volkswagen kenalkan SUV Taigo untuk Eropa


ID.4 GTX memiliki sebuah penggerak listrik di kedua poros, depan dan belakang, yang bersama-sama menghasilkan output listrik maksimum 220 kW (299 hp) dan dapat bekerja bersamaan sebagai penggerak semua roda elektrik, yang pertama dalam keluarga ID.

Dengan begitu, ID.4 GTX diklaim mudah menaiki tanjakan di kemiringan 37,5 persen. Berkat penggerak roda ganda motor ganda, model andalan lini produk ID.4 ini mampu berakselerasi dari 0 hingga 60 km/jam dalam 3,2 detik dan dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,2 detik.
ID.4 GTX. (ANTARA/Volkswagen)


Kecepatan tertinggi ID.4 GTX secara elektronik dibatasi hingga 180 km/jam. "Torsi penuh powertrain listrik segera tersedia dan Anda dapat merasakan penanganan kendaraan yang sangat baik di setiap tikungan,” kata Thomas Ulbrich, anggota Board of Management for Development.

Memiliki tampilan terkesan kokoh, ID.4 GTX ditambahkan kombinasi elemen dinamis pada lampunya, khususnya tiga elemen sarang lebah yang membentuk lampu untuk siang hari, yang dibawanya dari Golf GTI.

Bersamaan dengan desain bemper baru, elemen menarik di bagian belakang termasuk kluster lampu belakang LED 3D dengan lampu rem berbentuk X. Volkswagen ID.4 GTX memiliki warna bodi lebih dominan dibandingkan pada model penggerak roda belakang.

Bagian atap dan spoiler belakang berwarna hitam, sedangkan palang rangka atap terbuat dari antrasit gloss tinggi. Interiornya juga menawarkan skema warna baru. Bagian atas dasbor dan sisipan kulit buatan di pintu hadir dalam warna gelap X-Blue, yang mewakili keberlanjutan.

Jahitan berwarna merah yang kontras--simbol klasik untuk kesan sporty dan kekuatan--menambah aksen pada jok. Logo GTX muncul di roda kemudi, trim panel sill dan--dalam bentuk berlubang--di bagian atas sandaran kursi depan.

ID.4 GTX ini menjadi bagian ari target Volkswagen untuk meningkatkan proporsi penjualan kendaraan listrik murni di Eropa menjadi 70 persen pada tahun 2030. Volkswagen bermaksud untuk menjadi netral iklim pada tahun 2050 dan pada 2025 akan menginvestasikan sekitar 16 miliar euro untuk mobilitas listrik, hibridisasi dan digitalisasi.

ID.4 GTX akan diluncurkan di Eropa pada musim panas 2021. Di Jerman, akan dipasarkan dengan harga mulai 50.415 euro atau sekira Rp875 juta.


Baca juga: Berniat rayakan April Mop, VW justru dihujat netizen

Baca juga: 150.000 VW ID.4 dikirim ke seluruh dunia tahun ini

Baca juga: Volkswagen "recall" Audi A3 di AS karena masalah kantong udara

Pewarta: S026
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021