Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) telah memperkenalkan lini segmen compact Sport Utility Vehicle (SUV) lima penumpang terbaru yakni Toyota Raize.

Toyota Raize hadir dalam rangka menyambut 50 tahun eksistensi Toyota di Indonesia sekaligus memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap kendaraan segmen SUV yang terus meningkat.

"Kehadiran Toyota Raize diharapkan tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam, sekaligus juga turut mendorong pasar otomotif nasional menjadi lebih dinamis dan berkembang,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Toyota Raize hadir dalam 6 varian, yaitu Raize 1.2 G M/T, Raize 1.2 G CVT, Raize 1.0 Turbo G M/T, Raize 1.0 Turbo G CVT, Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT, dan Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS (Toyota Safety Sense).

Baca juga: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky resmi diperkenalkan di Indonesia

Untuk tipe 1.0 Turbo mulai tersedia dan dapat dipesan sejak 30 April 2021, sementara untuk tipe 1.2 akan hadir di semester ke dua tahun ini.

Eksterior dan interior Toyota Raize didesain dengan konsep kombinasi “Bold and Active” pada tampilan luar dan “Comfort and Utility” pada bagian dalam.

Toyota Raize mempunyai dimensi compact dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm, dengan wheelbase mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm.

Kesan sebuah SUV yang atraktif tampak dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan.

Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semua menggunakan LED, dan velg besar 17 inch pada tipe 1.0T.

Sementara itu, interiornya terbilang lapang, dilengkapi sejumlah fitur seperti layar MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern serta dapat diganti dalam empat opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

Selain itu, terdapat fitur lain seperti Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design dan terkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder yang dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistem.

Toyota Raize dilengkapi fitur keselamatan yang tergolong lengkap, meliput 6 Airbag, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. Semua fitur keselamatan ini terdapat pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS.

Adapun TSS adalah Toyota Safety Sense yang merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model di segmen high-premium segmen.

Selain itu, seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Terkait harga, TAM baru mengumumkan untuk varian mesin 1.0 L Turbo. Adapun harga untuk varian mesin 1.2 L baru akan diumumkan pada semester kedua tahun ini.

Raize 1.0 Turbo G M/T dibanderol dengan harga Rp236,8 juta. Jika menggunakan skema relaksasi. Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen, maka harganya menjadi Rp219,9 juta.

Raize 1.0 Turbo G CVT dijual dengan harga Rp251,1 juta. Dengan skema PPnBM 0 persen harganya menjadi Rp 233,1 juta.

Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT dipasarkan dengan harga Rp263,2 juta. Bila dikenakan skema PPnBM 0 persen maka harganya menjadi Rp244,7 juta.

Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS dibanderol Rp 283,8 juta. Dengan skema PPnBM 0 persen maka harganya menjadi Rp263,7 juta.

Toyota Raize hadir dalam pilihan warna single tone dan two tone. Pilihan warna untuk single tone yakni Black, Gray Metallic, White, Red, Yellow SE, Silver Metallic, dan Turqoise MM.

Sedangkan pilihan warna untuk two tone meliputi Black-White, Black-Red, Black-Yellow SE, Black -Silver Metallic, dan Black-Turquoise MM. Adapun selisih harga antara warna single tone dan two tone sekitar Rp2 juta.

"Ke depannya, sejalan dengan komitmen untuk menghadirkan total mobility solution, Toyota akan terus memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia, tidak hanya produk yang semakin lengkap, namun juga layanan yang variatif," ujar President Director PT Toyota-Astra Motor Susumu Matsuda.

Baca juga: Toyota ungkap alasan memboyong Raize ke Indonesia

Baca juga: Toyota Raize ditargetkan terjual 2000 unit

Baca juga: Menperin apresiasi Raize dan Rocky, minta Astra naikkan komponen lokal
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021