Jakarta (ANTARA) - Pengencekan kendaraan secara rutin dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi pada kendaraan pribadi Anda, salah satunya pengecekan ringan yang sangat penting sebelum kita memulai aktifitas dengan kendaraan pribadi.

Sebagaimana diketahui bersama, kendaraan pribadi pada saat situasi pandemi memang menjadi pilihan terbaik untuk mengurangi penyebaran wabah virus corona di Indonesia yang masih berlangsung sampai saat ini.

Baca juga: Tips aman berkendara di era adaptasi kebiasaan baru

Oleh karena itu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membagikan enam tips mudah yang bisa dilakukan oleh siapa saja untuk mengecek fluida (cairan) pada mobil agar berkendara jadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.

1. Oli mesin
Untuk mengecek oli mesin pada kendaraan, pemiliki harus lebih dahulu menghidupkan mesin beberapa saat hingga mencapai temperatur kerja, matikan mesin, tunggu beberapa saat agar oli mengalir kembali ke bagian bawah mesin.

Setelah proses itu, pemilik kendaraan lalu mengaambil kain lap bersih, tarik dipstick oli mesin bersihkan dengan kain, masukan kembali dipstick sepenuhnya dan tarik, cek volume oli, ada 3 level oli mesin, yakni, Rendah, Normal, Berlebih.

"Pastikan oli mesin pada posisi normal, apabila rendah tambahkan oli mesin jenis yang sama," ungkap Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM, Bambang Supriyadi dalam keterangan resminya, Sabtu.

2. Oli Rem
Cari posisi master Cylinder rem, di sana terdapat reservoir untuk oli rem, periksa ketinggian levelnya, apabila antara min dan max maka cukup, apabila posisi di min atau di bawahnya, tambahkan dengan oli rem yang sama sampai mencapai level max.

Baca juga: Kenali tujuh penyebab suara mesin mobil berdengung saat digas

3. Air Radiator
Periksa ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant dengan tipe yang sama.

4. Air Wiper
Penggunaan air wiper saat menjalankan wiper sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal dari tangki air wiper. Apabila kurang tambahkan dengan air yang bersih.

5. Air Aki
Air aki juga tidak kalah pentingnya, apabila tidak dilakukan pengecekan dan terlambat dalam menambahkan maka aki akan rusak. Pastikan level air aki pada posisi Upper dan Lower, apabila pada posisi Lower maka tambahkan air aki hingga mencapai level Upper.

6. Power Steering (tipe hydraulic)
Hidupkan mesin, setelah mesin pada suhu kerja, buka tutup reservoir kemudian periksa volume oli power steering, pastikan ada di batasan upper dan lower, apabila kurang dari batas bawah tambahkan oli power steering.

"Kami berharap, melalui sharing tips ini dapat membantu mengingatkan Sahabat untuk bisa melakukan pengecekan mandiri secara berkala, demi menjaga kondisi kendaraan Sahabat dalam kondisi yang optimal. Sahabat juga dapat memastikan kendaraannya agar selalu dalam kondisi prima dengan melakukan service rutin di bengkel resmi Daihatsu terdekat," tutup Bambang Supriyadi.


Baca juga: Tips berkendara agar tidak mencemari udara

Baca juga: Tips aman berkendara di jalur banjir

Baca juga: Tips riding yang aman musim hujan

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021