Jakarta (ANTARA) - Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) mini, Pertashop, milik Pertamina hadir untuk memenuhi kebutuhan energi dalam bentuk bahan bakar minyak berkualitas bagi masyarakat pedesaan, sekaligus sebagai upaya pemerataan distribusi energi.

"Pertashop merupakan lembaga penyalur resmi dengan skala lebih kecil dari SPBU yang dimiliki Pertamina dan telah memenuhi aspek legalitas dan aspek HSSE (health, safety, security, dan environment)," kata Dirut PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, saat meninjau Pertashop di Desa Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

Dengan harga dan kualitas yang sama dengan BBM yang dijual di SPBU, Nicke, sebagaimana dikutip dalam pernyataan pers, Kamis, berharap Pertashop dapat menjadi jawaban untuk pemerataan distribusi energi yang akan memberikan multiplier effect bagi perkembangan ekonomi di pedesaan.

Menurut Executive General Manager Pertamina Regional Jatimbalinus, C.D. Sasongko, Pertashop yang berlokasi di Pasar Mengwi merupakan bagian penting dari program OVOO (One Village One Outlet) yang digalakkan Pertamina.

Semenjak mulai melayani masyarakat pada 27 Februari 2020 silam, Pertashop Mengwi telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. "Rata-rata penyaluran Pertashop di Desa Mengwi mencapai 900 - 1.000 Liter per hari. Dengan adanya Pertashop di Mengwi, masyarakat dapat mendapatkan BBM lebih dekat dan cepat mengingat jarak SPBU terdekat berjarak beberapa kilometer dari Desa Mengwi," katanya.

Di Provinsi Bali sendiri, terdapat 11 titik Pertashop yang sudah beroperasi melayani masyarakat sampai saat ini, yang tersebar di 7 kabupatan dan kota di Provinsi Bali, di antaranya 2 titik di Kabupaten Badung, 2 titik di Kabupaten Bangli, 2 titik di Kabupaten Tabanan, 2 titik di Kabupaten Karangasem, 1 titik di Kota Denpasar, 1 titik di Kabupaten Gianyar, dan 1 titik di Kabupaten Buleleng.

Di tahun 2021 ini, Pertamina Marketing Region Jatimbalinus berencana untuk meningkatkan layanan Pertashop dengan penambahan outlet di Bali dan telah ada 23 titik lokasi dalam proses pembangunan di bulan Februari ini, kata Sasongko menambahkan.

Tidak hanya menjual BBM saja, masyarakat dapat menemukan produk Bright Gas 5,5 Kg dan Pelumas Pertamina di Pertashop. Pertamina juga membuka kesempatan bekerjasama bagi seluruh pihak yang memenuhi persyaratan untuk dapat membantu meningkatkan perekonomian desanya melalui Pertashop.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui info lebih lengkap terkait Pertashop dapat menghubungi layanan Pertamina Call Center 135 atau website di ptm.id/pertashop.


Baca juga: Pertashop Pertamina hadir di 139 titik pelosok desa Sumbagsel

Baca juga: Pertamina buka Pertashop pertama untuk Sultra hadiah Kemendagri

Baca juga: Wujudkan BBM satu harga, BPH Migas dorong penambahan Pertashop

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021