Jakarta (ANTARA) - Ford Motor Company mengumumkan bahwa wakil presiden desain kendaraan Ford dan Lincoln Moray Callum akan segera pensiun sehingga pabrikan otomotif AS itu menunjuk Anthony Lo sebagai penggantinya.

Callum akan mengakhiri karier 38 tahunnya dalam pengembangan produk--yang lebih dari setengahnya bersama Ford--, dan akan digantikan oleh Anthony Lo, yang terakhir menjabat sebagai wakil presiden desain eksterior di Groupe Renault.

Pensiun Callum berlaku efektif 1 Mei mendatang, memungkinkan transisi satu bulan untuk Lo, yang akan bekerja efektif bersama Ford pada 1 April 2021, kata Ford dalam pernyataannya, dikutip Selasa.

Seperti Callum, Lo akan melapor ke Hau Thai-Tang, kepala platform produk dan operasi Ford.

Baca juga: Ford Puma terbaru dibekali fitur Titanium X

Pengaruh desain Callum di Ford dan industri sangat luas. Pekerjaan terbarunya sangat produktif, karena Callum dan timnya membantu menciptakan dan memperkenalkan F-150 2021, Mustang Mach-E, dan Bronco serta Bronco Sport yang ditata ulang. Bahasa desain yang halus dan modern untuk Lincoln sangat penting untuk kebangkitan merek secara global.

Di antara desain terkenal yang dikerjakan Callum sepanjang kariernya di otomotif antara lain truk Super Duty 1999, Explorer 2011, Mazda MX-5 2005, Mazda CX-7 2007, Mustang dan F-150 2015, dan GT 2016.

"Pengaruh Moray terlihat di jalan-jalan di seluruh dunia,” kata Thai-Tang. "Dia membawa dan mempertahankan visi desain dan kepemimpinan ke studio--termasuk Ghia di Italia dan Mazda di Jepang, selain Ford dan Lincoln--yang telah meningkatkan keindahan, makna, dan fungsi mobil, truk, dan SUV bagi jutaan pelanggan."

Callum, yang berasal dari Skotlandia, memiliki dua masa kerja dengan Ford selama total 20 tahun. Yang pertama adalah dari 1995 hingga 2001, ketika dia kemudian bergabung dengan Mazda di Jepang selama lima tahun untuk memimpin transformasi desain perusahaan itu.

Pada saat itu, Ford memiliki kemitraan dan kepemilikan di Mazda. Callum kembali ke Ford pada tahun 2006 sebagai direktur eksekutif, desain, untuk Amerika, dan dipromosikan ke perannya saat ini pada tahun 2014.

Lo akan bergabung dengan Ford di tengah rencana ambisius untuk berbalik dan mengembangkan bisnis otomotifnya, dengan desain kendaraan must-have yang berkelanjutan.

"Industri kami berkembang lebih cepat dari sebelumnya, dan Ford akan memenangkan kepercayaan pelanggan dengan tetap menjadi yang terdepan dalam kurva tersebut,” kata Thai-Tang.

"Anthony adalah pemimpin desain kelas dunia dengan rekam jejak global yang patut dicontoh. Kami sangat senang dia memimpin organisasi desain kami saat kami mempercepat pembuatan produk yang terhubung, cerdas, dan semakin bertenaga."

Lahir di Hong Kong, Lo mendapatkan terobosan pertamanya di industri otomotif pada tahun 1987, ketika seorang profesor di Royal College of Art di London di mana dia belajar menawarinya posisi di Lotus Cars di Inggris.

Baca juga: Ford lakukan "recall" terhadap dua kendaraan mereka

Baca juga: Kinerja Ford kuat, raih laba 2,4 miliar dolar kuartal ketiga

Baca juga: Ford ajukan permohonan jaminan pinjaman di Jerman

Pewarta: S026
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021