Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil Amerika Serikat, Ford Motor Co mengatakan bahwa mereka telah menutup penjualan salah satu pabriknya di Brasil, dan menjual pabrik tersebut.

Dilansir Reuters, Minggu, Ford menjual parbriknya di Brasil kepada perusahaan konstruksi dan logistik sipil Construtora Sao Jose dan manajer aset FRAM Capital. Ford enggan mengungkapkan harganya.

Perjanjian sebelumnya untuk menjual pabrik di Sao Bernardo do Campo kepada pembuat mobil Brasil CAOA gagal tahun lalu. Ford kemudian mengumumkan penutupan pabrik.

Baca juga: Hanya 700 unit, Ford Mustang Mach 1 siap meluncur pada 2021

Baca juga: Ford jadwal ulang produksi Escape ke tahun depan


Pernyataan Ford yang mengungkapkan penjualan ke Sao Jose dan FRAM tidak memberikan rincian apapun tentang transaksi tersebut.

Sementara itu, mengutip dari Ford Authority, penjualan Ford Brasil turun 31 persen menjadi 12.458 unit pada September 2020 dibandingkan hasil dengan tahun sebelumnya.

Selama sembilan bulan pertama tahun kalender 2020, penjualan Ford Brasil turun 41 persen menjadi 93.616 unit.

Penjualan Ford Brasil turun sekali lagi pada bulan September, melanjutkan tren yang telah terjadi di setiap sembilan bulan pertama tahun kalender 2020.

Namun, pada bulan September, Ford Brasil mendapatkan pemulihan penting dari bulan-bulan sebelumnya seperti Agustus, ketika Ford menjual 10.230 unit di Brasil.

Peningkatan volume ini terutama disebabkan oleh performa Ford Ka, yang merupakan model terlaris FoMoCo di pasar Brasil. Kendaraan tersebut menunjukkan pemulihan yang signifikan setiap bulannya.

Baca juga: Ford targetkan 100 ribu kendaraan berfitur "hands-free" terjual

Baca juga: Kinerja Ford kuat, raih laba 2,4 miliar dolar kuartal ketiga

Baca juga: Ada risiko kecelakaan, Ford Escape dan Transit Connect kena "recall"

Pewarta: A087
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020