Jakarta (ANTARA) - Maserati resmi mengumumkan super sports car terbarunya yang memadukan performa, sporty dan kemewahan dalam rancangan unik khas pabrikan Italia, MC20 yang akan rilis di Indonesia pada awal 2021.

"Kami memilih MC20 sebagai breakthrough kami tahun ini karena mobil ini memadukan desain dan teknologi terbaru yang bisa Maserati tunjukkan," kata Jason Broome Managing Director of Maserati Indonesia, di Jakarta, Kamis.

"Ini adalah sebuah bagian pengembangan dari apa yang bisa kami lakukan untuk brand ini di masa depan," ujarnya melanjutkan.

MC20 melakukan debut dunia di Modena, di acara "MMXX: Time to be audacious".

MC20 memiliki mesin Nettuno baru berkonfigurasi V6 dengan lecutan tenaga yang mencapai 621 hp berikut torsi puncak 730 Nm. Untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya perlu tempo kurang dari 2,9 detik, sebelum mencapai kecepatan tertinggi yang lebih dari 325 km/jam.

Baca juga: Sedan "hybrid" pertama Maserati Ghibli hadir tahun ini

Baca juga: Maserati didedikasikan prototipe MC20 untuk Stirling Moss


MC20 adalah mobil yang sangat ringan dengan bobot total di bawah 1.500 kg. Karenanya, berkat output tenaga hingga 621 Hp, mobil ini menjadi super sports car terbaik di kelasnya dalam hal rasio berat dengan tenaga, yakni 2,33 kg/hp.

Rekor ini dicapai melalui penggunaan material pilihan berkualitas, sekaligus memanfaatkan seluruh keunggulan serat karbon tanpa mengorbankan kenyamanan.

Nettuno, menjadi mesin pertama dalam babak baru sejarah pabrikan berlogo Trident ini yang merupakan mesin V6 twin turbo untuk MC20.
Tampilan Maserati MC20. (ANTARA/Maserati)


Sistem pembakarannya sudah mengantongi paten internasional, yang menempatkan teknologi MTC (Maserati Twin Combustion).

Adapun sistem pengembangan kendaraan secara virtual (Virtual Vehicle Dynamics Development), mencakup penggunaan salah satu simulator dinamis tercanggih di dunia yang dikembangkan oleh Maserati Innovation Lab.

MC20 memiliki pintu ala kupu-kupu yang selain terlihat futuristik, juga fungsional lantaran meningkatkan nilai ergonomi kendaraan. Hal ini juga sekaligus mengoptimalkan akses masuk maupun keluar kabin.

MC20 dirancang sebagai coupé, convertible dan kendaraan full electric. Begitu memasuki interior, pengemudi selalu berada di tengah dan tidak ada yang mengalihkan perhatiannya dalam pengalaman berkendara sporty.

Konektivitasnya pun dilengkapi dengan charger smartphone nirkabel, kenop pemilih mode mengemudi, hingga Maserati Connect.

Berbagai layanan lengkap termasuk sambungan navigasi, Alexa dan Wifi Hotspot ada di fitur tersebut.

Peluncuran model produksi mobil ini dijadwalkan dimulai akhir tahun ini, dimana pesanan mulai diterima pada 9 September usai debutnya di dunia.

Baca juga: Maserati goda konsumen jelang debut MC20 9 September

Baca juga: Maserati Ghibli dan Quattroporte Trofeo debut bulan depan

Baca juga: Maserati berikan kisi-kisi dari Ghibly hybrid
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020