Jakarta (ANTARA) - Dua produsen otomotif General Motors dan Honda Motor Co mengungkapkan rencana untuk bekerja sama di Amerika Utara untuk membuat berbagai kendaraan, Reuters melaporkan, Sabtu.

Selain kerja sama produksi, hal ini juga diharapkan memperdalam hubungan mereka karena industri otomotif berada di bawah tekanan yang lebih besar untuk berbagi teknologi dan biaya, serta memenuhi permintaan kendaraan yang lebih bersih.

Di bawah aliansi tersebut, Honda dan GM mengatakan, perusahaan bermaksud untuk berbagi platform kendaraan umum, termasuk sistem propulsi pembakaran internal dan listrik.

Perusahaan masih perlu menyelesaikan perjanjian definitif dan para pejabat mengatakan rincian yang lebih besar tentang penghematan biaya yang diharapkan akan tersedia saat itu, tetapi seseorang sumber mengatakan penghematan akan berjalan hingga miliaran dolar untuk setiap perusahaan.

Kemitraan ini merupakan perluasan signifikan dari kolaborasi yang ada antara kedua perusahaan pada kendaraan listrik dan otonom, teknologi kendaraan yang terhubung, dan sel bahan bakar. Honda adalah investor di Cruise, bisnis swakemudi yang dimiliki GM.

“Secara keseluruhan, kami yakin aliansi ini akan membantu kedua perusahaan mewujudkan penghematan biaya yang signifikan dalam pengembangan portofolio kendaraan kami,” kata Presiden GM Mark Reuss dalam sebuah pernyataan.

Kesepakatan itu menandai tonggak lain dalam konsolidasi industri otomotif global, karena tekanan untuk mengurangi emisi dan bergerak menuju EV membebani modal dan sumber daya teknik bahkan dari para pemain terbesar.

Aliansi antara dua perusahaan otomotif pun telah banyak terjadi. Sebelumnya, FCA mengumumkan merger senilai 50 miliar dolar AS dengan PSA Prancis tahun lalu untuk menciptakan Stellantis, dalam upaya untuk mengatasi masalah biaya dan skala. Kesepakatan itu diharapkan akan selesai pada akhir kuartal pertama 2021.

Toyota Motor Corp telah memperluas hubungan dengan produsen mobil Jepang yang lebih kecil seperti Mazda Motor Corp dan Subaru. Ford Motor Co dan produsen mobil Jerman Volkswagen AG telah menjalin aliansi luas yang mencakup kendaraan listrik dan komersial serta teknologi mengemudi otonom.

GM dan Honda mengatakan pada bulan April mereka akan bersama-sama mengembangkan dua EV baru untuk Honda dan berencana mencari lebih banyak cara untuk memperluas aliansi mereka.

Mereka telah bekerja sama dalam desain kendaraan otonom bernama Cruise Origin, dan juga berkolaborasi dalam sel bahan bakar dan baterai.

Honda selama bertahun-tahun sebagian besar tetap independen, menghindari merger industri. Tetapi, aliansi GM akan memberikan skala ekonomis yang tidak dapat dicapai sendiri, kata Wakil Presiden Eksekutif Honda Seji Kuraishi. Amerika Utara adalah pasar terbesar Honda dan GM terbesar kedua setelah China.

GM dan Honda mengatakan, diskusi pengembangan bersama akan segera dimulai, dengan pekerjaan teknik dimulai pada awal 2021.

Perusahaan berencana untuk mengeksplorasi kemungkinan berbagi platform kendaraan di lebih dari empat segmen inti termasuk crossover dan truk pickup berukuran sedang, bersama dengan sistem propulsi, infotainment dan layanan konektivitas, fitur bantuan pengemudi yang canggih, konektivitas kendaraan dan teknologi lainnya. Mereka juga akan bekerja sama dalam pembelian.

Baca juga: GM dan Ventec Life System kirimkan 30.000 ventilator untuk AS

Baca juga: GM beri bocoran dua versi baru Chevy Bolt "all-electric"

Baca juga: GM targetkan 40 persen mobilnya di China bertenaga listrik
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020