Jakarta (ANTARA) - Astra Otopart misalnya, mereka mengatakan bahwa sebesar 50 persen penjualan mereka dihasilkan melalui jalur digital selama pandemi.

Chief Exceutive Marketing Astra Otoparts, Rio Sanggau mengungkapkan bahwa, aktivitas digital terus ditingkatkan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), terlebih untuk Astra Otoshop yang merupakan e-commerce yang tadinya hanya menyumbang 20 persen.

"Pada website Astra Otopart itu tadinya hanya menyumbangkan sekitar 20 persen pembelian melalui website itu, ketika pandemi begini aktivitas pembelian melalui website melonjak hingga 50 persen dan itu yang B2B saja ya," ungkap Rio Sanggau dalam bincang virtual bersama FOTWOT, Rabu (2/9)

Rio mengatakan, Astra Otopart juga masih memiliki tantangan untuk mengajak pelanggan B2B agar mau bertransaksi melalui platform digital.

Dalam situs mereka, Astra Otopart sudah memberikan kemudahan untuk melakukan pembelian sesuai dengan yang dibutuhkan oleh konsumen dan juga sudah terhubung dengan outlet yang ada di Jawa-Bali.

"Kami sudah menawarkan sebuah model pembelanjaan yang mudah kepada konsumen B2B kami dan semua outlet yang beredar luas di wilayah Jawa-Bali juga sudah terhubung sehingga menambah kemudahan untuk bertransaksi," kata Rio.

Baca juga: Astra Otoparts hadirkan GS Gold, dilengkapi barcode cegah pemalsuan

Baca juga: Selama lebaran, volume penjualan komponen Astra Otoparts malah turun


Selain itu, Rio juga menjelaskan bahwa selama masa awal-awal PSBB hampir 50 persen outlet Shop and Drive menutup gerai mereka dan itu sebuah kerugian yang besar bagi Shop and Drive.

"Ketika masa PSBB itu kami menutup gerai hampir 50 persen dan sudah pasti revenue kita juga ikut melorot, karena toko harus tutup dan juga masyarakat harus tetap berada di dalam rumah," jelas dia.

Untuk tetap bisa bertahan di masa pandemi, Astra Otopart memberikan layanan jasa home service yang berguna untuk merawat kendaraan para konsumen setianya tanpa harus takut untuk keluar rumah.

"Konsumen kita bisa melakukan perbaikan di rumah masing-masing dengan memanfaatkan jasa layanan home service, karena digital pada masa PSBB itu sangat memegang pera penting sekali. Kareena kan toko tidak bisa beroperasi, maka dari itu kami fokuskan untuk ke digital," tutur dia.

Konsumen yang ingin menggunakan layanan home service bisa melakukan perbaikan, seperti ganti oli, ganti aki, ganti shockbreaker, ganti rem dan semua produk yang ada di Shop and Drive.

Baca juga: Astra Otoparts bukukan laba bersih 2019 Rp739,7 miliar

Baca juga: Mudahkan pelanggan, Shop&Drive gandeng e-commerce milik Astra Otoparts

Baca juga: Astra Otoparts rilis dua varian Shell Helix berformulasi gas alam
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020