Jakarta (ANTARA) - PT Astra Daihatsu Motor mengumumkan kenaikan penjualan pabrik ke diler (whole sales) sebanyak 1.553 unit pada Juli 2020, naik hampir 5 kali lipat dari bulan sebelumnya 331 unit.

Kenaikan itu sejalan dengan membaiknya pasar otomotif Indonesia dalam dua bulan terakhir. Secara nasional, whole sales ada di kisaran 25 ribu unit atau naik dua kali lipat dibanding Juni 2020.

Sedangkan pada retail sales, pasar otomotif Indonesia selama periode Juli 2020 mencapai sekitar 35 ribu unit, naik sekitar 19 persen dibanding Juni 2020.

"Kami berharap, tren positif ini akan terus berlanjut diiringi dengan meningkatnya daya beli masyarakat. Daihatsu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan akan memacu produksinya sesuai dengan permintaan pelanggan setia Daihatsu," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam siaran pers dikutip Rabu.

Baca juga: ADM rangkul komunitas untuk "recall" GranMax - Luxio

Baca juga: Strategi industri otomotif siasati lesunya penjualan di tengah pandemi


Pada bulan yang sama, retail sales di Juli 2020 tercatat sebanyak 5.890 unit, atau naik 6 persen jika dibandingkan bulan Juni 2020 lalu sebesar 5.558 unit.

Secara YTD (Year To Date), atau sejak Januari – Juli, market share Daihatsu juga mengalami peningkatan.

Tercatat, pada sisi whole sales naik sebesar 0,4 persen menjadi 17,9 persen, sedangkan retail sales naik 1 persen menjadi 18,2 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Sepanjang Januari hingga Juli, Daihatsu Sigra menjadi kontributor penjualan utama (whole sales) dengan menyumbang 28,4 persen dari total penjualan, disusul GranMax pickup sebesar 23.8 persen.

Di urutan ketiga terdapat Ayla (14,3 persen), Terios (12,4 persen), Xenia (11,9 persen), GranMax Minibus (7,2 persen) dan model lainnya sebesar 1,9 persen.

Baca juga: Dalam satu jam, Daihatsu jual 554 mobil secara daring

Baca juga: Daihatsu genjot produksi hingga empat kali lipat

Baca juga: ADM edukasi tips mengemudi aman via daring

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020