Jakarta (ANTARA) - Kendaraan dengan emblem Limited edition memang menjadi incaran penggemarnya, selain karena jumlah yang terbatas, mobil-mobil itu biasanya akan memiliki harga yang tinggi di masa depan.

Salah satu edisi terbatas di Indonesia yang diluncurkan hari ini adalah MINI John Cooper Works GP yang cuma beredar 12 unit di Nusantara dari 3.000 unit secara global.

"Indonesia paling banyak menerima unit dengan jumlah 12 unit di pasar Asia, karena Indonesia memiliki penjualan yang mengesankan dan banyak penggemar kendaraan ini di Indonesia," ungkap Head of MINI Asia, Kidd Yam dalam peluncuran virtual MINI John Cooper Works GP, Senin.

MINI John Cooper Works GP hadir dengan fitur dan desain model-spesifik yang membuatnya menonjol. Tidak hanya semata untuk memanjakan mata, desain itu berfungsi memberikan stabilitas dan kemampuan kontrol yang presisi bahkan dalam situasi yang dinamis.

Baca juga: New Mini Clubman mengaspal di Indonesia, ini spesifikasi dan harganya

Baca juga: Tampilan Cooper Countryman 2020 bocor, apa perubahannya?


Nomor urut

Tubuh dari kendaraan kecil nan ganas itu dimodifikasi secara terperinci dan juga sudah memperhitungkan tingkat keseimbangan aerodinamis serta suplay udara pendingin yang ditargetkan ke mesin dan sistem rem.

Mobil itu mengusung desain mewah dan "menyenangkan mata", yakni fender besar dan melebar. Panel lengkungan roda tersebut diproduksi melalui proses khusus dan dengan kombinasi bahan yang digunakan untuk pertama kali oleh BMW Group yang terdiri dari substruktur termoplastik dan cangkang luar terbuat dari plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP).

Struktur CFRP yang dijahit secara heksagonal, double matt finish, dan penomoran berurutan memberi masing-masing 3.000 kendaraan yang diproduksi sebuah sorotan visual yang unik. MINI John Cooper Works GP baru adalah kendaraan produksi pertama BMW Group dengan lapisan exposed matt CFRP.

Penomoran dengan angka 0001 hingga 3.000 ditempel pada permukaan panel lengkungan roda depan melalui proses transfer cat yang baru dikembangkan.
 
MINI John Cooper Works (Antara/MINI)


Diluncurkan di tahun 2020 ini, MINI Indonesia menyimpan penomoran 0075 untuk konsumen di Indonesia untuk memperingati 75 tahun kemerdekaan Indonesia tahun ini.

"Untuk angka spesial ini 0075, tidak bisa dipesan dan akan acak yang mendapatkan nomor urut spesial tersebut," ucap dia.

Untuk kenyamanan bagian dalam, mobil ini yang hadir dengan dua kursi ini dilengkapi dengan kontrol AC otomatis dan 8.8 inci MINI Navigation System yang mencakup fitur wireless-charging. Juga mencakup kluster instrumen digital pada kolom kemudi.

Selain itu, layar warna 5-inci beresolusi tinggi menunjukkan kecepatan jalan baik secara numerik maupun di skala. Logo GP ditampilkan secara permanen di bagian atas layar. Animasi grafis sebelum kendaraan mulai berjalan tampilkan sebuah gambar model-spesifik termasuk logo GP.

Dibalik kap mesin, mobil ini hadir dengan mesin 4 silinder yang dirancang untuk kinerja maksimum dan berdasarkan pada keahlian di bidang motorsport. Sehingga, mobil ini dapat menghasilkan tenaga yang dibutuhkan.
 
MINI John Cooper Works (Antara/MINI)


Mesin

Mesin 2.0 liter tampilkan generasi terbaru dari teknologi MINI TwinPower Turbo serta banyak fine-tuning yang membedakannya dari mesin varian MINI John Cooper Works lainnya.

Lebih lanjut mobil ini sudah mendapatkan modifikasi, seperti crankshaft yang diperkuat dengan diameter bantalan utama yang diperbesar, piston-piston yang dikembangkan khusus, batang penghubung bushless hingga peredam vibrasi torsional baru dengan pendinginan yang dioptimalkan.

Mesin 4 silinder ini dapat menghasilkan tanaga hingga 306 hp sementara itu torsi maksimum dari kendaraan ini sebesar 450 Nm, sehingga tenaga yang dihasilkan dapat digunakan untuk manuver akselerasi tinggi.

Mobil itu memiliki output 75 hp lebih tinggi daripada varian MINI John Cooper Works lainnya. Akselerasi dari nol hingga 100 km/jam mobil ini hanya butuh waktu 5.2 detik dengan kecepatan tertinggi diangka 265 km/jam.

Spesifikasi
 
Spesifikasi (ANTARA/HO)


Baca juga: Cuma 12 unit, MINI John Cooper Works GP dibanderol Rp1,5 miliar

Baca juga: MINI GT Edition hadir di Indonesia, cuma ada 30 unit

Baca juga: Spesifikasi New Mini Countryman Blackheath Edition

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020