Jakarta (ANTARA) - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mengatakan adanya lonjakan besar untuk program Home Service selama masa pandemi, mengingat pada masa ini kegiatan masyarakat yang terbatas.

"Home Service pada Januari hingga Maret tidak terlalu mengalami perubahan yang signifikan, hanya beberapa saja. Tetapi, memasuki April hingga Mei telah terjadi peningkatan cukup tinggi pada penggunaan Home Suzuki," ungkap 4W, 2W & Marine Service Director PT Suzuki Indomobil Sales, Rieky Patrayudha dalam video conference, Rabu (8/7).

Kendati demikian, pihaknya mengatakan jika suatu daerah masih tergolong dalam kategori zona merah, Suzuki belum bisa untuk menyanggupi permintaan meski konsumen sudah melakukan penjadwalan sebelumnya.

Baca juga: Kecepatan dan penanganan teknis bengkel resmi Suzuki naik 300 persen

Baca juga: Suzuki Carry Pick-Up amankan kenaikan pangsa pasar di tengah pandemi


"Tetapi jika berada di zona merah, kami tidak bisa dilakukan. Walau konsumen telah meminta sehingga kami menerapkan pick up service agar dapat menjemput mobil yang akan di service," kata dia.

Perubahan kebiasaan dalam hal memperbaiki kendaraan ini tidak hanya terjadi pada konsumen dengan kendaraan penumpang (passanger car), perubahan ini juga terjadi kepada konsumen dari kendaraan komersial (CV) yang juga banyak memanfaatkan program tersebut.

"Home Service tidak hanya dilakukan oleh konsumen passenger, tetapi juga pada konsumen komersial. Walau alasan yang berbeda karena tidak memiliki waktu untuk datang ke bengkel secara langsung," ucap dia.

Kendati demikian, pihaknya belum bisa menjabarkan dengan detil angka yang pasti mengenai konsumen yang sudah melakukan perbaikan kendaraan di rumah selama masa pandemi,

Ricky menambahkan bahwa, pihaknya akan terus memberikan layanan yang terbaik bagi konsumen Suzuki agar merasa nyaman dan juga aman ketika mereka melakukan perbaikan di rumah maupun di bengkel resmi.

"Pengembangannya pada penambahan berbagai peralatan hingga SDM agar dapat merangkul para konsumen. Saat ini kami ingin mengkolaborasi data dari diler, SDM, jam kerja dan lainnya yang akan tersedia dalam satu aplikasi khusus," tambah dia.

Untuk pembelian suku cadang dan aksesori resmi Suzuki, pelanggan dapat langsung mengunjungi diler terdekat atau dapat menggunakan aplikasi My Suzuki yang dapat diunduh dari App Store dan Play Store.

Melalui Halo Suzuki pula, pelanggan bisa mendapatkan layanan Home Service, Pick Up Service, dan SERA (Suzuki Emergency Roadside Assistance).

Baca juga: Permintaan suku cadang Suzuki naik drastis di masa transisi

Baca juga: Suzuki Jimny, kombinasi sejarah dan fesyen otomotif

Baca juga: Suzuki ACross PHEV berwajah Toyota RAV4

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020