Jakarta (ANTARA) - LG Chem Ltd berencana mulai memproduksi baterai untuk kendaraan Tesla di pabriknya yang terletak di Korea Selatan tahun ini.

Dikutip dari Reuters, Minggu, seorang sumber menyebut kerja sama itu terbentuk setelah pembuat mobil listrik asal Amerika Serikat tersebut menaikkan pesanan untuk mengatasi permintaan pasar.

"Tesla tak hanya meminta kepada LG Chem tetapi juga pemasok lain untuk menambah pasokan, karena mobilnya laris manis," kata sumber tersebut kepada Reuters.

Baca juga: GM terus berkomitmen buat kendaraan EV di Korea Selatan

Baca juga: LG Chem pemasok baterai mobil listrik Hyundai-Kia


Orang kedua yang mengetahui situasi itu juga mengatakan, LG Chem mengubah beberapa produksinya di Korea Selatan untuk menghasilkan baterai untuk Tesla.

Sementara, pabrik LG Chem di Nanjing, China, sudah membuat baterai untuk Tesla. Kedua sumber berbicara dengan syarat anonim, mengutip kerahasiaan masalah tersebut.

Seorang juru bicara LG Chem menolak berkomentar. Tesla juga tidak memberikan komentar di luar jam kerja di Amerika Serikat.

Sebelumnya, Tesla pada hari Kamis (2/7) mengumumkan pengiriman kendaraan global yang mengalahkan perkiraan untuk periode April hingga Juni, mengabaikan suspensi produksi AS karena pandemi virus corona.

Tesla, yang menjalankan pabrik baterai bersama dengan Panasonic Corp Jepang di Amerika Serikat, menambahkan LG Chem dan CATL China sebagai pemasok untuk pabriknya di Shanghai.

Baca juga: Hyundai - LG pertimbangkan dirikan pabrik baterai di Indonesia

Baca juga: LG akan pasok baterai mobil listrik untuk Lucid Motors

Baca juga: LG kirim 50 ribu "diagnostic kit" bantu RI tanggulangi COVID-19

Pewarta: A087
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020