Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil AS, Ford, menambahkan fitur hands-free ke teknologi bantuan pengemudi Co-Pilot360, yang memungkinkan pengendara mobil Ford melepaskan tangannya dari roda kemudi dan lebih rileks di jalan raya yang terbagi dalam beberapa jalur seperti jalan tol.

"Tekanan dari jalan raya yang panjang tetap menjadi masalah besar bagi pengemudi di seluruh dunia," kata Hau Thai-Tang, kepala pengembangan produk dan purchasing Ford, dikutip Senin.

"Dengan memperkenalkan teknologi bantuan pengemudi seperti Active Drive Assist, versi hands-free Ford, kami memungkinkan pelanggan kami untuk merasa lebih percaya diri kapan pun mereka berada di belakang kemudi."

Baca juga: Nissan, Renault dan Mitsubishi akan perdalam kemitraan mobil listrik

Baca juga: Yamaha-Sony kolaborasi bikin mobil pintar SC-1 Sociable Cart


Active Drive Assist adalah evolusi selanjutnya dari Intelligent Adaptive Cruise Control dengan Lane Centering dari Ford, menambahkan Mode Hands-Free Ford pertama untuk Ford dengan potensi peningkatan lebih banyak di masa depan.

Kamera dengan inframerah yang canggih akan melacak pandangan mata dan posisi kepala untuk memastikan pengemudi memperhatikan jalan saat berada dalam Mode Hands-Free serta Mode Centering Lane, yang bekerja di jalan mana pun dengan garis jalur.

Pengemudi akan diberi tahu oleh petunjuk visual pada kluster instrumen mereka ketika mereka perlu mengembalikan perhatian mereka ke jalan atau melanjutkan kontrol kendaraan.

"Memperkenalkan Active Drive Assist dengan kamera yang menghadap pengemudi masuk akal karena kendaraan membantu menghilangkan stres dan beban mengemudi tetapi tetap membuat Anda sepenuhnya memegang kendali," kata Thai-Tang.

Active Drive Assist mulai diluncurkan pada kendaraan model tahun 2021 terpilih dan akan tersedia di jajaran Mustang Mach-E.

Baca juga: Studi: mobil yang jalan sendiri bikin penumpang lebih stres

Baca juga: Setengah mobil baru di China gunakan kecerdasan buatan mulai 2020


Bagi para pelanggan di antara yang pertama memesan Mustang Mach-E, perangkat keras Active Drive Assist akan tersedia sebagai bagian dari Paket Persiapan Ford Co-Pilot360 Active 2.0 pada saat pembelian.

Ford berencana untuk memberi pelanggan yang membeli paket persiapan kesempatan untuk membeli perangkat lunak Active Drive Assist dan menerima fitur di diler Ford atau melalui pembaruan over-the-air yang tersedia pada kuartal ketiga tahun 2021.2

Paket Persiapan Co-Pilot360 Active 2.0 Ford juga mencakup Active Park Assist 2.0, iterasi terbaru dari teknologi park-assist untuk memberi pengemudi ketenangan pikiran saat memarkir Mustang Mach-E mereka.

Dengan Active Park Assist 2.0, cukup menahan tombol akan memungkinkan kendaraan mengendalikan parkir secara paralel dan tegak lurus dengan mudah.

Ini juga menawarkan Park Out Assist dengan kemampuan pengindraan sehingga pengemudi dapat dengan percaya diri menavigasi keluar dari tempat parkir ketika seseorang parkir terlalu dekat.

Paket standar Ford Co-Pilot360 2.0 Mustang Mach-E mencakup dua perangkat tambahan untuk Sistem Lane-Keeping Ford: Deteksi Tepi Jalan dan Bantuan Blind Spot.

Deteksi Tepi Jalan dapat meningkatkan kepercayaan mengemudi di daerah pedesaan dengan merasakan tepi jalur dengan garis yang terlihat atau jalan dengan tepi berumput atau tanah.

Teknologi ini kemudian dapat memperingatkan pengemudi jika kendaraan mulai keluar dari badan jalan. Blind Spot Assist mengidentifikasi kendaraan di titik blind dengan cahaya di kaca spion samping.

Fitur baru Co-Pilot360 itu telah melengkapi fitur-fitur keamanan lainnya seperti Sistem Lane-Keeping yang diperbarui, Headlamps Auto High-Beam, Sistem Informasi Blind Spot dengan Peringatan Lalu Lintas, Bantuan Pra-Tabrakan dengan Pengereman Darurat Otomatis, Pengereman Pasca-Tabrakan, Kamera Tampak Belakang, Bantuan Rem Belakang dan Sistem Sensing Terbalik sebagai teknologi pada paket standar Mustang Mach-E Ford Co-Pilot360 2.0.

Sebelumnya, teknologi ini membutuhkan pengaktifan kembali pengemudi setelah kendaraan dihentikan selama tiga detik, namun sekarang batas waktu ditambah menjadi 30 detik.

Fitur bantuan pengemudi bersifat tambahan dan tidak menggantikan perhatian, penilaian, dan kebutuhan pengemudi untuk mengendalikan kendaraan.


Baca juga: Mobil otonom Ford mengaspal tahun depan

Baca juga: Teruskan warisan legenda, Ford hadirkan Mustang Mach-E kelir oranye

Baca juga: Kisah pendiri Nissan, anak bangsawan yang merantau jadi mekanik

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020