Jakarta (ANTARA) - BMW Motorrad Indonesia resmi meluncurkan BMW S1000XR untuk pasar Indonesia. 

Seped motor gede (moge) memiliki DNA sport touring dengan tampilan yang gagah, tinggi dan besar sehingga diklaim cocok digunakan untuk melakukan perjalan jarak jauh.

Baca juga: Jodie Idol ternyata penyuka moge

BMW S1000XR juga dilengkapi dengan tampilan desain lampu depan/headlamp yang lebih futuristik, bermesin pengaturan sport dan pilihan warna yang menarik membuat moge satu ini layak di sebut unik dan memiliki karakter tersendiri.

"Motor ini juga sudah dilengkapi dengan fitur andalan seperti Adaptive Headlight Pro, yang mana lampu depan sudah dilengkapi dengan teknologi LED dan mampu mengikuti arah belok motor," kata BMW Motorrad Indonesia dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa.

Pada sisi belakang tangki, terdapat tempat duduk pengemudi yang memiliki jok berketinggian 840 milimeter sehingga masih manusiawi untuk ukuran orang asia dan secara bersamaan posisi ergonomisnya memberikan kenyamanan saat dikendarai dalam perjalanan jauh.

Fitur yang sudah mulai diberlakukan sebagai standar di semua tipe motor BMW Motorrad lainnya adalah, layar TFT 6,5 inch yang sangat canggih dan juga sudah ditambah dengan konektivitas ke smartphone yang dapat menampilkan beragam informasi (Navigasi, Musik, Kontak telepon, pengaturan) dan indikator tentang kondisi kendaraan.

Baca juga: Tiga alasan ini bikin Honda ngebut di pasar moge
 
BMW S1000XR yang baru saja diluncurkan untuk pasar Indonesia. (Antara News/BMW Motorrad)


Motor ini memiliki panjang motor 2.183 mm dengan lebar 940 mm dan tinggi 1.408 mm dengan jarak sumbu roda 1.894 mm dan berat kosong 206 kilogram, lebih ringan 10 Kg dari pendahulunya. Dengan berat tersebut, rasio antara power dan berat kendaraan menjadi Lebih baik sehingga menambah kelincahan dan handling kendaraan.

BMW S 1000 XR dibekali dengan mesin berkapasitas 999 cc tipe Water/oil-cooled 4-cylinder 4-stroke in-line engine yang diturunkan langsung dari saudaranya S1000RR generasi terbaru tanpa memakai teknologi shiftcam.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 165 hp pada putaran mesin 11.000 rpm dan torsi maksimum 112 Nm pada putaran mesin 9.250 rpm. Shiftcam yang merupakan teknologi unggulan di S1000RR tidak di sematkan karena konsep kendaraan adalah lebih ke on-road, Bukan di tekankan untuk kompetisi/ sirkuit.

Grafik Performa yang lebih linear di S1000XR disalurkan dengan sistem transmisi Constant-mesh 6-speed dengan tipe kopling Multiplate clutch in oil bath, anti-hopping clutch, mechanically controlled serta engine management Electronic Injection.

Motor ini akan menjadi penantang yang cukup diperhitungkan di kelas sport touring 1000cc cocok untuk pengendara motor besar yang suka melakukan perjalanan jauh (touring) dengan karakter berkendara motor sport namun tetap memprioritaskan kenyamanan.

BMW Motorrad Indonesia membanderol motor ini dengan harga Rp719 juta off the road Jakarta dengan dua pilihan warna Racing Red dan Ice Grey.

Baca juga: Sepeda motor bergaya "adventure" 2019

Baca juga: BMW mengeluarkan motor tanpa pengendara

Baca juga: Penjualan sepi saat corona, pedagang motor bekas turunkan harga

 

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020