Jakarta (ANTARA) - Nissan telah menghentikan produksi di pabrik mobil terbesarnya Inggris dan Amerika Serikat menyusul pandemi virus corona baru (COVID-19) di dunia.

Dikutip dari Reuters, Jumat, penghentian produksi di Inggris dikarenakan adanya gangguan rantai pasokan dan penurunan permintaan, dan mempengaruhi sektor otomotif negara itu sejauh ini.

Pabrik Sunderland Nissan di Inggris menghasilkan hampir 350 ribu dari 1,3 juta mobil Inggris tahun lalu, memproduksi model Qashqai, Juke dan LEAF.

"Langkah-langkah lebih lanjut saat ini sedang dipelajari karena kami menilai gangguan rantai pasokan dan penurunan tiba-tiba permintaan pasar yang disebabkan oleh darurat COVID-19," kata Nissan dalam sebuah pernyataan.

Pembuat mobil Jepang itu juga mengatakan suspensi akan mulai 20 Maret dan berjalan sampai 6 April. Nissan mengatakan tidak ada kasus yang dikonfirmasi dari COVID-19 di setiap fasilitas Nissan.

Sementara itu, alasan Nissan untuk menghentikan sementara produksi di pabrikan Amerika Serikat adalah untuk meningkatkan upaya pengendalian virus corona baru (COVID-19).

Tak hanya Nissan, sejumlah pembuat mobil lainnya juga mengumumkan penutupan sementara.

Pabrik mobil Ellesmere Port milik Vauxhall di Inggris utara juga akan ditutup pada Selasa hingga 27 Maret ketika pihak perusahaan induk Peugeot berencana untuk menutup lokasi di seluruh benua untuk menangani krisis.


Baca juga: GM dan Ford bahas bantuan medis perangi corona bersama pemerintah AS

Baca juga: CEO Volkswagen cemaskan dampak corona "kacaukan" industri global

Baca juga: GM, Ford, FCA bentuk Satgas COVID-19

 

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020