Jakarta (ANTARA) - Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards kembali hadir di 2020, acara ini terselenggara untuk memberikan apresiasi kepada anak muda yang telah membuat perubahan positif pada lingkungan sekitarnya.

SATU Indonesia Awards dilaksanakan sejak tahun 2010 lalu. Penghargaan ini telah mengapresiasi 305 anak muda yang terdiri dari 59 penerima tingkat nasional dan 246 penerima tingkat provinsi.

Head of Corporate Communications Astra, Boy Kelana Soebroto mengatakan bahwa ada lima pilar atau kategori yang menjadi fokus SATU Indonesia Awards yakni kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan dan teknologi baik sebagai individu maupun kelompok.

"Nanti peserta yang mendaftar akan diseleksi 60 besar, terus jadi 24 besar. Terus tim kami akan pergi ke 24 titik ini untuk diverifikasi, dicari tahu kegiatannya dan divideokan," ujar Boy dalam jumpa pers SATU Indonesia Awards 2020 di Jakarta, Senin.

"Kemudian video itu dibawa ke Jakarta dan diputar di depan dewan juri. Dewan juri akan dipilih 12 besar dan mereka nanti akan ke Jakarta untum mempresentasikan di hadapan dewan juri," lanjutnya.

SATU Indonesia Awards tahun ini terdiri dari 10 dewan juri yakni Prof. Nila Moeloek, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Emil Salim, Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana Universitas Indonesia, Prof. Fasli Jalal, Rektor Universitas YARSI & Guru Besar Universitas Negeri Jakarta dan Tri Mumpuni, Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA).

Lalu Onno W. Purbo, pakar teknologi informasi, Toriq Hadad, Presiden Direktur PT. Tempo Inti Media Tbk, Riza Deliansyah, Deputy Chief of Corporate Affairs Astra, Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications Astra, Dian Sastrowardoyo dan Billy Boen, pendiri Young On Top.

Baca juga: Enam anak muda kebanggaan Indonesia terima apresiasi 10th SATU Indonesia Awards 2019

Baca juga: Dian Sastrowardoyo bersyukur jadi juri SATU Indonesia Awards 2019


Setiap tahun jumlah pendaftar SATU Indonesia Awards selalu bertambah. Pada 2019 mencapai 8.654 pendaftar, jumlah ini naik 45,17 persen dari tahun sebelumnya yang berjumlah 5.961 pendaftar.

Untuk menjadi peserta SATU Indonesia Awards 2020, bisa langsung mendaftar di satu-indonesia.com. Anda bisa mendaftarkan untuk diri sendiri atau orang lain yang dinilai mampu memberi pengaruh positif pada orang sekitar.

Nantinya, setiap pemenang akan diberikan apresiasi dan uang sebesar Rp60 juga serta dana pembinaan kegiatan secara berkelanjutan.

Baca juga: Astra Cycling Tour 2020 targetkan 7.000 peserta

Baca juga: Astra Auto Fest 2020 resmi dibuka, ada apa saja?

Baca juga: Astra Auto Fest 2020 bakal digelar di empat kota

Pewarta: KR-MAR
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020