Jakarta (ANTARA) - Pembuat mobil Jerman, Volkswagen, menjadi pabrikan otomotif dengan volume penjualan terbesar di dunia setelah saingannya dari Jepang, Toyota, mengumumkan penjualannya pada Jumat (31/1).

Dilansir AFP, Toyota Motor Corp mengumumkan telah melego 10,74 juta kendaraan di seluruh dunia pada 2019, mengekor penjualan tahunan Volkswagen sebanyak 10,97 juta unit kendaraan.

Pada 2018, Volkswagen menjual 10,83 juta kendaraan untuk mengalahkan Toyota, sekaligus merebut posisi puncak sebagai perusahaan otomotif berpenjualan tertinggi.

Kendati demikian, Toyota menyatakan telah mengalami kenaikan penjualan sebesar 1,4 persen dari tahun sebelumnya.

Toyota dan Volkswagen mengatakan tujuan mereka pada masa mendatang adalah melakukan pengembangan untuk menghasilkan produk terbaik bagi konsumen. Mereka juga menyatakan bahwa menjadi nomor satu dalam hal penjualan bukanlah prioritas.

Toyota merupakan raja otomotif dunia sejak melewati penjualan General Motors (GM) pada 2008. Penjualan GM pun tidak pernah menjadi yang teratas sejak saat itu hingga kini.

Sedangkan aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi mendapatkan hasil yang lebih kecil dari penjualan tahun lalu sebanyak 10 juta kendaraan.

Penjualan aliansi raksasa itu menurun setelah pemimpin aliansi, Carlos Ghosn tersangkut kasus keuangan di Jepang.

Baca juga: 15 mobil terlaris Indonesia 2019, Honda Brio urutan dua

Baca juga: 332 ribu mobil buatan Indonesia dikirim ke luar negeri

Baca juga: 10 merek mobil terlaris Indonesia



 

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020