Jakarta (ANTARA) - PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan salah satu skutik terlaris Honda, BeAT dengan beberapa penyegaran, termasuk tampilan desain, hingga mesin yang diklaim lebih irit dari varian skutik lainnya, Genio.

Usai peluncuran pada Kamis (16/1), ANTARA sempat mencoba motor matic ini dengan tipe Honda BeAT series model CBS-ISS Series Fusion Magenta Pink.

Dari eksterior, All New Honda BeAT tetap mempertahankan desain bergaya ramping dan dinamis pada setiap sisi bodi guna mendukung kelincahan dan kenyamanan saat berkendara.
Pengendara menjajal All New Honda BeAT di arena JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/1/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Skutik ini memiliki jarak jok dengan tanah 740 mm yang mendukung fleksibilitas pengendara, ditunjang dengan Step Floor yang luas dengan jarak ground clearance sebesar 147 mm.

Saat menaiki, terdapat jarak yang cukup lapang untuk kaki dan lutut. Ditambah dengan jok yang cukup empuk membuat BeAT nyaman untuk dikendarai.

Sementara dari sisi dapur pacu, BeAT generasi keempat ini dibekali generasi terbaru dari mesin eSP 110cc yang hemat bahan bakar dan menyuguhkan performa yang lebih optimal.

Penyematan teknologi mesin terbaru ini mampu menghasilkan tenaga 6.6 KW 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9.3 Nm @ 5.500 rpm.

Saat tuas gas diputar, distribusi tenaga cukup mulus dan tak ada torsi yang berlebihan sejak rpm awal atau terbawah, sehingga cocok untuk digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Mesin terbaru eSP ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3 yang lebih irit dalam penggunaan bahan bakar.

Skutik ini juga menggunakan rangka baru berteknologi eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) yang dirancang lebih ringan 8 persen dari tipe sebelumnya, sehingga dapat meningkatkan stabilitas handling motor.
Pengendara menjajal All New Honda BeAT di arena JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/1/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Ketika menjajal medan jalanan aspal yang meliuk-liuk, handling dari setir BeAT bisa dibilang cukup ringan dan mudah diajak bermanuver.

Penggunaan rangka eSAF pada model ini juga mampu memberikan pemanfaatan ruang yang lebih besar. Bagasi penyimpanan barang kini lebih luas dengan kapasitas 12 liter dan kapasitas tangki bahan bakar lebih banyak menjadi 4,2 liter.

Dari segi fitur, motor yang dirakit secara lokal di Cikarang dan Karawang ini disematkan beberapa teknologi terbaru, mulai dari fitur ISS (Idling Stop System), LED Highlight, dan Combi Brake System (CBS).

Rem dari skutik ini menggunakan rem cakram hidrolik untuk rem depan. Saat dicoba untuk mengerem di jarak pengereman pendek, rem ini cukup pakem.

Fitur lainnya ada pula power charger untuk model CBS-ISS dan deluxe di rak dasbor sebelah kanan.
Rak power charger yang disematkan pada All New Honda BeAT di arena JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/1/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Sementara dari sisi keamanan, salah satu tipe dari BeAT generasi keempat ini sudah dibekali Secure Key Shutter dengan Seat Opener.

All New Honda BeAT dan All New Honda BeAT Street telah meluncur dengan berbagai pembaruan dan penyegaran dari generasi sebelumnya.

Seri motor yang dirakit secara lokal di Cikarang dan Karawang ini dibanderol dengan harga yang bervariasi tergantung model dan fiturnya, mulai dari Rp16,45 juta hingga Rp17,25 juta On The Road Jakarta.


Baca juga: Sama-sama berkapasitas 110cc, ini beda mesin Honda BeAT dan Genio

Baca juga: All New BeAT Series meluncur, BeAT Pop berhenti diproduksi

Baca juga: AHM targetkan 1,8 juta unit Honda BeAT terjual di 2020

Pewarta: A087
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020