Jakarta (ANTARA) - Pasar otomotif Indonesia dengan penjualan lebih dari 1 juta unit mobil baru dalam setahun merupakan market yang cukup menggiurkan untuk produsen kendaraan.

Pabrikan Jepang, Eropa hingga China, berlomba-lomba mengenalkan produk baru guna menarik minat konsumen Indonesia, baik dari segmen mobil multi guna (MPV), sport (SUV), hingga sedan dan city car.

Khusus untuk sedan dan city car, dengan pangsa pasar tidak sebesar MPV, sejumlah pabrikan berani meluncurkan kendaraan baru sepanjang 2019 demi menyasar segmen konsumen tertentu.

ANTARA merangkum peluncuran mobil sedan dan city car sepanjang 2019, berikut ulasan singkatnya:

Toyota Camry
 
Tampilan All New Camry tipe V yang dihadirkan dalam sesi jumpa pers di kawasan Episentrum Kuningan Jakarta, Selasa 8/1/2019 (ANTARA News/Fathur Rochman)


PT Toyota Astra Motor (TAM) membuka tahun 2019 dengan menghadirkan All New Camry yang diklaim punya tampilan lebih mewah dan agresif dibanding generasi sebelumnya.

Mengusung tagline "Outclass Elegance", All New Camry hadir dalam tiga tipe, yakni tipe G, tipe V dan tipe hibrida. Ketiga tipe All New Camry didukung platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang membuat sedan itu punya dimensi lebih besar, pusat gravitasi lebih rendah, dan kuda-kuda konstruksi lebih lebar dibanding pendahulunya.

Mercedes-Benz E 350 EQ Boost
 
Mercedez Benz E 350 EQ Boost (ANTARA News/Chairul Rohman)


Masih di awal 2019, produsen kendaraan kelas premium Mercedez Benz meluncurkan E 350 EQ Boost yang menggunakan mesin AMG line 2 liter 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 294 hp dan torsi 400 nm.

Mercedes-Benz E 350 EQ Boost adalah salah satu dari sekian model yang diproduksi dalam negeri di pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. E350 EQ Boost dijual dengan harga off the road Rp1,499 miliar.

Baca juga: Potensi otomotif besar, Mercedes-Benz tidak akan tinggalkan Indonesia

Baca juga: Terpilih jadi mobil dinas Jokowi, ini kelebihan Mercedes-Benz

Baca juga: Toyota luncurkan All New Camry, diklaim lebih mewah dan agresif

BMW 3 Series
 
The All New BMW 3 Series usai diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (18/7/2019). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.

Setelah meluncurkan X4, BMW Group Indonesia juga meluncurkan BMW 330i versi M Sport Shadow edisi terbatas di Jakarta.

Secara umum, BMW Seri 3 ini masih menggunakan mesin 2.0-liter BMW TwinPower Turbo 4-cylinder dengan twin-scroll turbocharger, Valvetronic, Double VANOS, High Precision Injection, dan transmisi 8-percepatan Steptronic Sport.

Mobil ini memiliki maksimum output 252 hp, torsi maksimal 350 Nm, top speed mencapai 250 km/jam dengan akselerasi 0-100 km/h dalam 5,8 detik. BMW 330i Edition M Sport Shadow dijual Rp899 juta, berstatus off-the-road.

Ferrari 488 pista
 
Ferrari 488 Pista (ANTARA News/ Nanien Yuniar)


Ferrari Jakarta pada Mei 2019 menghadirkan Ferrari 488 Pista, penerus dari seri Ferrari bermesin V8 - 360 Challenge Stradale, 430 Scuderia dan 458 Speciale.

Dibandingkan 488 GTB, model baru dengan bobot kering 1.280 kilogram ini lebih ringan 90 kilogram. Jika dikombinasikan dengan kenaikan tenaga mesin terbesar untuk mobil special series, hasilnya standar performa baru untuk mobil sport Ferrari dengan mesin V8.

Mesin tersebut menghasilkan daya 720 CV, tenaga terbesar di kelasnya dan paling ringan. 488 Pista punya kualitas suara dan intensitas lebih tinggi dibandingkan 488 GTB di semua tingkat perpindahan gigi, juga pada semua tingkat putaran mesin seiring peningkatan daya yang progresif.

Baca juga: BMW X1 dan seri 3 diincar pembeli baru di segmen premium "entry level"

Baca juga: BMW pamer 11 model baru di GIIAS, tonjolkan All New Seri 3

Baca juga: Ferrari perkenalkan 488 Spyder Pista di Pebble Beach

 
Honda Civic
 
Suasana peluncuran New Honda Civic 1,5 L Turbo di Pakuwon Mall, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (22/2/2019). ANTARA/Zabur Karuru


Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan penyegaran pada New Honda Civic 1.5L Turbo.

New Honda Civic mengalami perubahan pada bagian interior, antara lain desain baru pada bagian bangku yang semakin terlihat elegan pada bagian penumpang yang dilengkapi dengan 4 away Front Passanger Power Seat, sehingga menambahkan kenyamanan pada penumpang.

Pada bagian head unit, sedan ini mempunyai 6.2 inchi yang didukung Hands Free Telephone, Bluetooth Connection, Rear Camera serta pemutar CD & DVD. Dashboard juga diubah dengan nuansa hitam dan ivory (two-tone).

All New Accord
 
All New Honda Accord. ANTARA FOTO/Zarqoni maksum/ama.


PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan All New Honda Accord pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD Tangerang, Kamis, dengan banderol harga Rp698 juta.

All New Honda Accord dibekali dengan mesin baru 1.5L VTEC Turbo Engine dengan CVT with Earth Dreams Technology yang meningkatkan performanya hingga 190 PS dan torsi maksimal 260 Nm pada 1.600 – 5.000 rpm.

All New Honda Accord menggunakan platform baru dengan struktur bodi yang lebih rendah, lebar dan kokoh. Selain itu, rangka yang lebih ringan juga dipadukan dengan unit mesin dan fitur-fitur berteknologi terbaru.

Baca juga: Pemilik Accord dan Civic generasi pertama diganjar penghargaan Honda

Baca juga: Honda Accord raih lima bintang dalam uji tabrak NCAP

Baca juga: All New Honda Jazz bakal debut global di Tokyo
Mazda3 hatchback dan sedan
 
All New Mazda 3 (ANTARA News/Alviansyah P)

All-new Mazda3 yang tampil perdana pada pameran Los Angeles Auto Show 2018, melangsungkan debutnya di Indonesia pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), 18-29 Juli 2019.

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai agen pemegang merek Mazda di Indonesia langsung memboyong model generasi ketujuh itu dalam dua pilihan tipe, yakni Mazda 3 sedan dan hatchback.

Toyota Supra GR
 
Toyota GR Supra (ANTARA/Chairul Rohman)


PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan harga sportcar Toyota GR Supra Generasi ke-5 yang dijual on the road Jakarta Rp1,995 miliar, dan diserahkan kepada calon konsumen pada pertengahan Oktober 2019.

GR Supra dikembangkan melalui serangkaian uji coba di lintasan sirkuit maupun jalan raya guna memberikan komposisi dan kunci terbaik untuk memberi rasa aman dan nyaman saat mengendarai kendaraan ini.

Kendaraan sport dari Toyota ini dibekali mesin 3.000 cc Turbo 6- silinder segaris dengan transmisi 8-speed Sport Automatic. Mesin itu diklaim menghasilkan tenaga maksimal 340 PS yang dicapai pada putaran mesin 5.000-6.500 rpm, dan torsi maksimal sekitar 500 Nm pada putaran 1.600-4.500 rpm.

Baca juga: Toyota Supra 2020, BMW Z4 Dan 3-Series ditarik karena masalah lampu

Baca juga: Kaesang mampir ke booth Toyota, duduki Supra dan FCR Concept
Toyota Corolla Altis
 
Model berpose di samping mobil All New Corolla Altis saat jumpa pers di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (12/9/2019). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pd.


PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi menjual sedan legendaris Corolla generasi ke-12 di pasar Indonesia, tersedia dalam tiga varian yang salah satunya sudah bermesin hibrida (hybrid).

All New Corolla Altis itu juga sudah dilengkapi platform Toyota New Global Architecture (TNGA), yang dilengkapi fitur keamanan Toyota Safety Sense (TSS).

All New Corolla Altis hadir dalam tiga varian yang semuanya memiliki transmisi CVT yaitu All New Corolla Altis 1.8 G dan 1.8 V dengan mesin berbahan bakar bensin dan All New Corolla Altis hybrid electric vehicle (HEV) dengan teknologi Hybrid generasi keempat.

Baleno
 
Suzuki Baleno The Complete Hatcback (ANTARA/Chairul Rohman)


Suzuki Indonesia merilis Baleno Generasi keenam yang mengedepankan "Liquid Flow Design" untuk tampilan yang lebih premium dan sporty pada Jumat (20/12) di Jakarta.

New Baleno yang dijual dengan harga Rp221 juta untuk varian MT dan Rp Rp233,5 juta untuk tipe AT, ditawarkan dengan enam warna antara lain; Solid Fire Red, Metallic Magma Gray (baru), Metallic Premium Silver, Pearl Arctic White, Prime Stargaze Blue dan Pearl Midnight Black.

Baca juga: Minat konsumen meningkat, Toyota genjot penjualan mobil hybrid

Baca juga: Pajak sedan tinggi, Mazda 3 hatchback lebih diunggulkan gaet pembeli

Baca juga: New Baleno targetkan pengendara wanita dan "city car"

 

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019