Jakarta (ANTARA) - PT Astra Honda Motor (AHM) terus melakukan ekspansi ke negara-negara baru tujuan ekspor melalui produk sepeda motor yang semakin beragam.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, perusahaan sepeda motor itu mengekspor Honda PCX dalam bentuk Completely Knock Down (CKD) ke luar Asia, yaitu Brasil.

General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet mengatakan, perusahaan berupaya memberikan produk sepeda motor dan komponen yang memiliki daya saing kuat di pasar global.

"Kami berupaya memberikan kontribusi signifikan bagi negeri ini dalam ekspor sepeda motor produksi anak bangsa yang berkualitas tinggi," kata Kurniawati dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Baca juga: Honda PCX primadona penjualan AHM di IIMS

"Kami melakukan ekspor perdana ke Brasil pada kuartal terakhir tahun ini. Ini ekspor perdana kami ke negara di luar Asia. Kami harap ke depan bisa berkembang lebih luas, baik dari sisi negara tujuan maupun produknya," ujar Kurniawati.

Ekspor komponen sepeda motor Honda PCX ke Brasil, Amerika Selatan merupakan bagian dari rangkaian ekspor sepeda motor Honda dalam bentuk komponen (CKD) maupun secara utuh (CBU).

Dalam periode Januari hingga November tahun ini, AHM mengekspor 321.620 set komponen sepeda motor Honda (CKD).

Adapun ekspor sepeda motor Honda secara utuh (CBU) tercatat sebanyak 279.716 unit. Angka ini memberikan kontribusi sebesar 37,2 persen terhadap total ekspor sepeda motor CBU pabrikan motor nasional yang saat ini tercatat sebanyak 750.183 unit.

Baca juga: AHM hadirkan PCX Elektrik dan Hybrid di IIMS Motobike 2019

Baca juga: Hal yang perlu diperhatikan sebelum pasang "windshield" Honda PCX

Baca juga: Honda resmi kenalkan PCX electric di Indonesia

Pewarta: A069
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2019