Jakarta (ANTARA) - Setelah sukses meluncurkan Honda PCX 160 dan Honda PCX e;HEV pada Jumat (5/2), PT Astra Honda Motor (AHM) membuka kesempatan kepada awak media otomotif untuk menjajal rasa berkendara PCX 160 yang mengusung mesin baru di AHM Safety Riding and Training Center Deltamas, Cikarang, Jawa Barat, Senin (8/2).

Kesan pertama ketika mengendarai skutik premium asal Honda ini adalah tenaga yang dihasilkan dari kendaraan ini lebih baik dari yang sebelumnya, dengan jeda tenaga yang dikeluarkan lebih sedikit.

Pada tarikan awal kendaraan ini terasa cukup responsif dengan tenaga yang dihasilkan mengisi terus menerus. Untuk motor ini, Honda memakai mesin generasi terbaru berkapasitas 160cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan, yang mampu mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW @8500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm @6500 rpm.

Baca juga: Spesifikasi All New Honda PCX dan All New Honda PCX e:HEV

Baca juga: AHM resmi luncurkan All New Honda PCX dan All New Honda PCX e:HEV


Meski jarak pengetesan yang tidak begitu jauh, hanya mengelilingi lokasi AHM Safety Riding namun lintasan itu menyajikan berbagai macam jalur, mulai dari tikungan tajam, lintasan yang berkelok hingga lintasana lurus untuk menjajal performa.

Honda PCX 160 ABS cukup lincah untuk dikendarai di berbagai lintasan. Fitur Selectable Torque Control (HSTC) membuat skutik itu mudah dikendarai dan tidak terjadi slip pada ban.

Pada jalur lurus, skutik ini mampu menghasilkan top speed 91 km/jam. Meski begitu, kenyamanan saat mengendarai skutik ini hadir berkat minimnya getaran.
 
Pengetesan Honda PCX 160 di AHM Safety Riding and Training Center (ANTARA/AHM)


Dengan postur tinggi mencapai 176 cm, pengendara masih merasa nyaman dengan posisi duduk yang disajikan, ditambah ganjalan pada bagian pinggang yang membuat tidak cepat lelah.

Jika kita berbicara desain, kendaraan skutik premium dari Honda ini hadir dengan konsep dasar PCX "Personal Comfort Saloon," sebagai kombinasi antara kemewahan dengan sentuhan garis yang memberikan ekspresi dinamis.

Fitur LCD panel meter juga lebih lebar sehingga dapat memberikan informasi yang semakin lengkap, antara lain indikator baterai, perawatan v-belt, dan indikator fitur HSTC pada tipe ABS dan e:HEV.

Untuk memenuhi kebutuhan akan mengisi daya smartphone pengguna, Honda sudah memberikan menghadirkan USB charger type A. Skutik premium ini juga telah didukung dengan Honda Smart Key yang dilengkapi alarm dan answer back system pada semua tipe yang dapat memberikan kebanggaan serta tampilan berkelas.

AHM memasarkan All New Honda PCX dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta Rp 30.350.000 untuk tipe CBS , Rp 33.950.000 untuk tipe ABS , dan Rp 43.550.000 untuk tipe e:HEV.

Baca juga: AHM ekspor Honda PCX ke Brasil

Baca juga: Honda resmi kenalkan PCX electric di Indonesia

Baca juga: Honda akan pasarkan PCX listrik di Asia Tenggara

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021