Jakarta (ANTARA) - Chief Executive Volkswagen, Herbert Diess, pada Jumat (15/11) kembali menegaskan bahwa grup otomotif Jerman itu tidak punya rencana untuk bermitra dengan perusahaan teknologi dan mobil listrik Tesla.

Dilansir Reuters, Sabtu (16/11), Diess dalam sebuah konferensi di Wolfsburg, menyatakan secara blak-blakan bahwa Tesla memang harus dikagumi karena kecepatannya dalam membangun inovasi, bahkan kini menjadi pelopor di bidang teknologi.

Kendati demikian, hal itu bukanlah alasan bagi VW yang menaungi merek kelas dunia -- Audi, Bentley, Bugatti, Lamborghini, Porsche, SEAT, Škoda dan Ducati -- untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan Elon Musk tersebut.

Volkswagen justru akan mengembangkan mobil listrik sendiri dengan dana 60 miliar euro pada 2024. VW berencana membangun 75 varian mobil listrik dan 60 model mobil hybrid.

Pada 2029, mereka akan membuat sekitar 26 juta mobil listrik di atas platform kendaraan Volkswagen MEB (Modular electric drive matrix). Mereka juga akan memperluas pabrik Emden, Jerman, dan melahirkan kendaraan berjenis sport pada 2022.


Baca juga: Volkswagen tidak tertarik beli saham Tesla

Baca juga: VW siapkan pesaing Tesla X di China pada 2021

Baca juga: VW akan sediakan penyimpanan baterai di 100 stasiun pengisian di Amerika

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019