Jakarta (ANTARA) - Kendaraan listrik Volkswagen ID sudah memasuki fase pra-produksi di pabrik baru yang dibangun perusahaan patungan SAIC-Volkswagen di China sebelum melanjutkan ke fase produksi secara keseluruhan pada Oktober 2020.

"Volkswagen Grup memproyeksikan total volume 22 juta mobil listrik di seluruh dunia pada tahun 2028, dengan lebih dari 50 persen dari China," kata Pimpinan Volkswagen AG, Herbert Diess, dilansir Economic Times, Sabtu (9/11).

"Negara itu memainkan peran penting dalam strategi elektrifikasi, yang membuka jalan Volkswagen untuk menjadi kendaraan bebas karbon pada 2050," katanya.

Baca juga: Volkswagen kirim mobil listrik eGolf sampai ke Rwanda

Volkswagen ID, kendaraan city car berdesain futuristik, akan dijual secara eksklusif di China. Untuk itu, VW menyatakan pabrik baru mereka di China akan menjadi tonggak sejarah dalam strategi elektrifikasi pabrikan Jerman itu secara global.

Pabrik yang berlokasi di Anting, Distrik Jianding, memiliki kapasitas produksi tahunan 300.000 unit kendaraan. Jumlah itu hanya separuh dari kapasitas produksi pabrik FAW-Volkswagen di Foshan, Guangdong, yang bisa membuat 600.000 unit mobil per tahun.

Baca juga: Bos VW: Mobil listrik tidak kurangi pendapatan perusahaan

Pewarta: A069
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019