Jakarta (ANTARA) - Toyota Motor Corporation (Toyota) memperkenalkan city car Yaris generasi keempat pada Rabu, yang ditawarkan dengan berbagai tipe mesin mulai dari 1.000cc hingga varian hibrida, dan akan dijual di Jepang pada pertengahan Februari 2020.

Pabrikan berlogo tiga elips itu juga akan memajang Yaris terbaru di Odaiba selama gelaran Tokyo Motor Show 2019, serta di seluruh diler mereka hingga Desember 2019.

"Ini menandai kiprah 20 tahun sejak Yaris pertama debut (pada 1999), jadi kami ingin membangun mobil kompak generasi baru yang jauh melampaui harapan pelanggan tentang kelas, dengan menitikberatkan kekuatan Yaris sebagai mobil kompak berplatform, powertrain, dan semua komponen yang ditingkatkan," kata Chief Engineer Toyota Yaris, Yasunori Suezawa, dilansir laman resmi Toyota Global, Rabu.
 
Toyota Yaris generasi keempat debut di Tokyo pada Rabu (16/10). (ANTARA News/Toyota Global)


"Mobil kompak dikemudikan banyak orang, jadi menawarkan penggerak yang menyenangkan merupakan prioritas kami, namun juga mendorong kami untuk menjadikan Yaris kendaraan dengan tingkat efisiensi bahan bakar tertinggi di dunia dan teknologi keamanan yang aman," katanya.

Yaris generasi pertama diciptakan pada 1999 sebagai mobil kompak berstandar global. Selama hampir 20 tahun, Toyota menghadirkan dua generasi Yaris berikutnya yang juga dipoles dengan berbagai perubahan.

Yaris yang menjadi kompetitor Honda Jazz, Mazda2, dan Suzuki Swift itu sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang lebih ringan, kuat dan lebih aman.
 
Toyota Yaris generasi keempat debut di Tokyo pada Rabu (16/10). (ANTARA News/Toyota Global)


Selain tampilan yang terlihat segar, Yaris terbaru juga dilengkapi mesin dan transmisi baru, pilihan hibrida, hingga suspensi terkini.

Toyota juga mengembangkan efisiensi bahan bakar untuk Yaris dengan menghadirkan varian hibrida. Ada juga teknologi E-Four (sistem penggerak empat roda listrik) untuk mobil kompak Toyota.

Yaris ditawarkan dengan empat powertrain berbeda dan masing-masing jenis akan ditawarkan dalam tiga varian kelas, antara lain:

Mesin 1.5-liter tiga silinder inline Dynamic Force Engine dan Direct Shift-CVT.
Mesin 1.5-liter Dynamic Force Engine dengan New-generation Hybrid System
Mesin 1.5-liter Dynamic Force Engine dengan 6-speed manual
Mesin 1.0-liter dengan CVT.


Baca juga: Toyota gelar Yaris Beats Corner bidik kreativitas musik milenial

Baca juga: Toyota Yaris sasar konsumen berjiwa muda, meski ada pergeseran ke SUV

Baca juga: Yaris TRD dengan turntable DJ mejeng di GIIAS

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019