Jakarta (ANTARA) - Pecinta kendaraan sport utility vehicle (SUV) Suzuki yang tergabung dalam Indonesian Grand Vitara (IDGV) memilih Jambore Suzuki Club 2019 di Museum Purna Bhakti Pertiwi, sebagai momen untuk memperkenalkan aplikasi “Sahabat IDGV”.

"Sahabat IDGV merupakan aplikasi eksklusif komunitas IDGV yang dapat menjadi wadah berinteraksi antar anggota. Dengan aplikasi itu, kami berharap seluruh anggota IDGV semakin dekat dan akrab meskipun terpisah kota,” kata M Encep Rachmatullah, Ketua Umum IDGV, dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Aplikasi digital yang dapat diunduh di Play Store itu merupakan wadah bagi anggota komunitas IDGV untuk berinteraksi dan bertukar informasi.

IDGV hadir dengan fitur unggulan "Near Me" yang dapat memudahkan anggota IDGV menemukan anggota IDGV lainnya yang berada di lokasi berdekatan. Anggota IDGV juga dapat saling berinteraksi melalui layanan "Live Chat" yang tersedia.

Selain itu, terdapat fitur "Newsfeed" yang memuat informasi atau kegiatan yang dapat direspons dengan Likes and Comment oleh anggota komunitas IDGV lainnya.

Baca juga: Jambore Suzuki resmikan Komunitas Carry dan Club Reaksi Cepat

Ada juga fitur e-Library yang memuat informasi cara berkendara benar, tips keselamatan, dan berbagai informasi lainnya. Anggota komunitas IDGV dapat berbagi informasi mengenai jadwal komunitas di setiap chapter melalui fitur Calendar dan melihat keseruan setiap aktivitasnya melalui foto yang diunggah ke galeri.

Komunitas IDGV dapat melakukan pemungutan suara, seperti pada pemilihan pengurus komunitas atau pemilihan lokasi gathering, lewat fitur "Survey & Voting" tanpa perlu bertatap muka.

“Kehadiran Sahabat IDGV ini menjadi bukti bahwa teknologi dapat mendekatkan anggota komunitas yang berjauhan dan menjadi ajang sillaturahmi yang baik," ujar Harold Donnel, 4Wheel Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales.

Defensive Driving SJI

Komunitas lainnya, Suzuki Jip Indonesia (SJI), berkontribusi dengan menyelenggarakan workshop "Defensive Driving Technique" pada Jambore Suzuki Club di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Jakarta.

"Dengan adanya workshop ini, kami berharap teman-teman komunitas yang hadir di Jambore Suzuki Club 2019 ini dapat lebih memahami teknik berkendara defensive driving dan menginformasikannya kepada masyarakat luas sehingga mampu mengurangi angka kecelakaan lalu lintas,” ujar R. Keliek Pangestu, Ketua Umum SJI.

Pada workshop itu, SJI menggandeng Ade Muhammad Arbi dari Associated Trainer at ORD Training Centre untuk menjelaskan cara berkendara yang benar, mulai dari posisi duduk hingga cara memegang kemudi yang benar. Peserta juga diajarkan cara melalukan observasi saat berkendara untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Baca juga: "Road Trip" singkat Cikarang-Cirebon bersama All New Ertiga

Pewarta: A069
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019