Jakarta (ANTARANews) -  Pameran otomotif internasional diharapkan mampu dongkrak peluang ekspor mobil yang diproduksi di Indonesia.

"Memang tidak besar. Namun dari pengalaman tahun lalu, banyak pengunjung dari luar negeri yang datang. Kami harap tahun ini makin banyak yang datang," ujar Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman Maman Rusdi, di Jakarta, Rabu.

Sudirman mengatakan, pada dasarnya penyelenggaraan pameran otomotif internasional, termasuk Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) bertujuan untuk memberikan informasi terhadap produk-produk otomotif dan teknologinya di Indonesia.

Gaikindo, kata dia, masih menargetkan angka ekspor kendaraan roda empat sebesar 200 ribu unit pada 2015 atau sama dengan tahun lalu.

Ia mengatakan sampai saat ini kendaraan serba guna (MPV) masih mendominasi ekspor mobil dari Indonesia. Indonesia, lanjut dia, membutuhkan pasar  baru untuk meningkatkan angka ekspor.

"Ekspor mobil Indonesia itu mayoritas MPV. Sementara pasar MPV di dunia itu hanya beberapa negara saja. Kami berharap akan ada pasar baru untuk jenis ini," kata Sudirman.

Pameran internasional otomotif tahun ini ada dua dan diselenggarakan pada waktu yang bersamaan (20-30 Agustus 2015) dengan tempat yang berbeda yaitu GIIAS di International Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Banten dan Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran, Jakarta. 
Pewarta:
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2015