Jakarta (ANTARA News) - Mercedez Benz Indonesia menyerahkan sertifikat body builder kepada beberapa perusahaan karoseri yang ada di Indonesia.

"Mercedes-Benz Indonesia menjamin kualitas tinggi untuk bus yang dibangun Body Builder untuk mempertahankan peningkatan kualitas dan keselamatan bus Mercedes Benz sesuai standar kualitas yang tinggi," kata Presiden dan CEO Mercedes-Benz Indonesia Claus Weidner dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan, sejak diimplementasikan di Indonesia, program Body Building Advisory telah memberikan kontribusi secara langsung kepada 10 perusahaan karoseri terbesar di Indonesia.

Menurut dia, prosesnya melalui beberapa tahapan persyaratan Quality Gate yang harus dipenuhi, untuk menjamin pembuatan body di atas sasis bus Mercedes-Benz tidak mengalami kendala dikemudian hari.

"Ada lima tahapan Quality Gate yang harus berstatus Green, Quality Gate D yaitu proses persiapan karoseri dalam pertimbangan kualitas, kompetensi dan proses," ujarnya.

Lalu Qualty Gate C, konsep desain dengan mempertimbangkan pertemuan antara body bus dan sasis dengan selalu berpedoman pada Body Building Directive. Quality Gate B, adalah proses perakitan terkait dengan penggabungan antara bodi dan sasis, seperti misalnya pencegahan kerusakan pada komponen sasis, kualitas pengelasan, bahan yang digunakan dengan selalu berpedoman pada Body Building Directive.

Sementara dalam Quality Gate A, kendaraan lengkap dengan mempertimbangkan akses pemeliharaan, keamanan, fungsi kerja sasis dengan selalu berpedoman pada Body Building Directive; dan Quality Gate F, merupakan tindak lanjut apabila ditemukan poin-poin yang belum sesuai dengan persyaratan dari pihak Mercedes-Benz dan diperkenankan untuk perbaikan pada unit berikutnya dengan selalu berpedoman pada Body Building Directive.

"Sebagai penghargaan kepada perusahaan karoseri yang telah dinyatakan Green pada Assessment Quality Gate, maka Mercedes-Benz Indonesia memberikan sertifikat untuk masing-masing tipe sasis bus Mercedes-Benz yang dipasarkan di Indonesia," ujarnya.

Director of Sales Commercial Vehicle Mercedes-Benz Indonesia Olaf Petersen mengatakan memberikan sertifikat penghargaan kepada para Body Builder atas pencapaian pembuatan bus diatas sasis bus Mercedes-Benz yang telah memenuhi persyaratan panduan Body Building Directives.

Menurut dia melalui sertifikat tersebut, Mercedes Benz mengharapkan agar senantiasa para Body Builder dapat menjaga dan meningkatkan kualitas yang telah dicapai dengan tujuan untuk keselamatan dan kepuasan pelanggan.

Dia mengatakan, karoseri yang telah dinyatakan Green pada tahapan Assessment Quality Gate untuk masing-masing tipe kendaraan dan mendapatkan sertifikat dari Mercedes-Benz Indonesia seperti Karoseri Rahayu Santosa untuk tipe OH 1626L, Karoseri Nusantara Gemilang untuk tipe OH 1526, Karoseri Laksana untuk tipe OH 1626L dan O500R 1836, dan Karoseri Adiputro untuk tipe OC500RF 2542.
Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014