Jakarta (ANTARA News) - BMW Group Indonesia memulai tahun 2019 dengan meluncurkan kendaraan generasi terbaru di segmen Sports Activity Coupe, yaitu All-new BMW X4 generasi kedua yang dijual Rp1,4 miliar, di Jakarta, Kamis.

President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan, mengatakan lebih dari 200.000 unit BMW X4 generasi pertama telah terjual secara global dalam kurun waktu hanya empat tahun.

"Salah satu alasan untuk popularitasnya yang luar biasa adalah sama seperti semua model BMW X sebelumnya, BMW X4 merupakan trend-setter," kata Ramesh Divyanathan dalam peluncuran X4 di Museum MACAN (The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara), Kamis.

"Di segmen kendaraan premium Sports Activity Coupe mid-range, BMW adalah pelopor yang menggabungkan perpaduan karakteristik antara fitur sebuah BMW X dengan keanggunan coupe," tambah Ramesh Divyanathan.

All-new BMW X4 hadir dalam varian M Sport X yang sebelumnya telah diperkenalkan pada BMW X2 tahun lalu.

Model ini akan bersaing di segmen premuim dengan Mercedes-Benz GLC Class, Audi Q5 dan Range Rover Evoque.


Desain

Desain eksterior BMW X4 terbaru hadir dengan garis desain tegas dan proporsi yang dinami, menggabungkan bahasa desain berpenampilan percaya diri dari sebuah kendaraan BMW X dengan keanggunan sporty khas coupe.

Model M Sport X yang baru, dirancang guna mempertegas tampilan sporty off-road, berkat aksen styling Frozen Grey (warna yang dekat dengan dunia balap reli), serta intake udara depan, side skirts dan diffuser belakang yang semuanya didesain secara individual.

Proporsi dinamis dari All-new BMW X4 juga dipertegas dengan garis jendela yang panjang dan lekukan "Hofmeister kink" di pilar C. Lampu belakang LED dan twin exhaust tailpipe memberikan impresi kendaraan terlihat lebih lebar dan sudut-sudut ekstrovert.

All-new BMW X4 kini hadir dengan proporsi lebih dinamis berupa penambahan dimensi panjang eksterior hingga 81 mm menjadi 4.752 mm, penambahan 54 mm di wheelbase (sekarang 2.864 mm), tambahan lebar 37 mm (1.918 mm), dan penurunan tinggi 3 mm (1.662 mm).

Overhangs pendek dan lengkungan roda heksagonal melambangkan distribusi bobot 50:50 yang seimbang antara as roda depan dan belakang.

Unit lampu depan, terdiri daytime running lights dan lampu kabut horizontal yang terintegrasi ke dalam intake depan, menciptakan interpretasi baru dari wajah segi-enam yang menjadi ciri khas semua model BMW X. Lampu depan hadir dengan teknologi LED adaptif dengan selective beam sebagai standar.

Baca juga: BMW Indonesia genjot penjualan di 2019 dengan luncurkan model baru


Interior

Pengemudi dan penumpang di dalam All-new BMW X4 dapat menikmati kabin dengan nuansa modern dan elegan. Panel instrumen ditata dengan ergonomis serta posisi tempat duduk yang tinggi -- tipikal BMW X -- memungkinkan pengemudi melihat jalan di depan dengan lebih jelas.

Kursi sports yang didesain dengan bantalan samping berkontur memberikan kenyamanan, bahkan dalam situasi pengendalian ekstrem. Bantalan lutut di konsol tengah menambah sentuhan sporty.

All-new BMW X4 dilengkapi dengan trim terbaru, M Sport X, yang terinspirasi dari dunia reli, dilengkapi BMW M leather steering wheel, kursi sports, BMW Individual headliner Anthracite, dan strip trim interior eksklusif.

Sebuah panoramic glass roof dengan dimensi besar pertama kalinya diaplikasikan di BMW X4. Permukaan kaca dua bagian dengan panjang keseluruhan 924 mm dan lebar 890 mm memungkinkan masuknya cahaya dan udara di dalam kabin sesuai kebutuhan.

Versi terbaru iDrive pada All-new BMW X4 dirancang untuk menawarkan kontrol fungsi kendaraan, navigasi, komunikasi, dan infotainment yang lebih fleksibel dan ergonomis.

Control Display kini berbentuk monitor resolusi tinggi yang dilengkapi dengan Navigation System Professional dan berukuran 10.25 inci, termasuk layar sentuh.

Baca juga: BMW jual 2,49 juta kendaraan pada 2018


Mesin

All-new BMW X4 ini hanya hadir dalam satu varian, yaitu BMW X4 xDrive30i M Sport X, yang menggunakan mesin 2.0 liter empat silinder, transmisi Steptronic delapan-percepatan dan sistem all-wheel drive BMW xDrive yang cerdas sebagai standar.

Unit empat silinder BMW TwinPower Turbo dalam All-new BMW X4 xDrive30i terdiri dari twin-scroll turbocharger, High Precision Injection, VALVETRONIC fully-variable valve timing dan Double-VANOS variable camshaft control, menghasilkan tenaga 252 hp dan torsi puncak 350 Nm (258 lb ft) yang tersedia antara putaran mesin 1.450 dan 4.800 rpm.

Mobil itu memungkinkan akselerasi 0 hingga 100 km/jam dalam 6.3 detik, dengan konsumsi bahan bakar gabungan 7.3 - 7.2 liter per 100 kilometer dan emisi CO2 168 - 164 gram per kilometer.

All-new BMW X4 berbobot 50 kilogram lebih ringan dibandingkan pendahulunya serta pusat gravitasi yang jauh lebih rendah dibandingkan BMW X3 baru.

Mobil ini akan hadir secara publik untuk pertama kalinya di BMW Exhibition, Plaza Senayan, mulai dari 15-17 Februari 2019, dan setelah itu akan tersedia di seluruh diler resmi BMW dengan harga Rp1.459.000.000 berstatus off-the-road.

Baca juga: BMW Group Indonesia catatkan penjualan 3.394 kendaraan pada 2018
Pewarta:
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2019